Pelatihan Pembuatan Makalah Yang Baik Untuk Remaja Pada Puri Cinere Hijau

Salam Budi Luhur!!

Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan Tridharma, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada semester Genap 2019 ini, bertepatan dalam masa pandemi wabah Covid19, maka kegiatan PPM kali ini memanfaatkan fasilitas daring (online), di mana para peserta yang berkumpul dengan mematuhi protokol kesehatan, dipandu oleh instruktur secara daring (online) melalui fasilitas Google Meet. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) ini bertujuan agar Universitas Budi Luhur dapat berperan serta dalam menyebarluaskan pengetahuan kepada masyarakat, terutama pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Tim Dosen FTI Universitas Budi Luhur yang beranggotakan Ibu Anita Diana, M.Kom. dan Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom., tetap melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, walaupun dalam masa wabah pandemi Covid19. Dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan, maka pelatihan yang bertemakan Pembuatan Makalah Yang Baik Untuk Remaja Pada Puri Cinere Hijau dapat berjalan dengan baik.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2020 dengan metode daring (online) diawali dengan adanya pembukaan dari kedua pihak sebagai sambutan dan pengantar. Sambutan dari pihak Puri Cinere Hijau disampaikan oleh Ibu Yusi Fajarwati selaku Ketua RT, dan sambutan dari pihak instruktur disampaikan oleh Ibu Anita Diana, M.Kom. mewakili pihak Univ. Budi Luhur. Adapun acara langsung diisi dengan materi yang dibawakan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. yang memperkenalkan dasar – dasar susunan penulisan makalah yang baik, secara daring (online). Sedangkan ibu Anita Diana, M.Kom. sebagai instruktur dan assistensi, memberikan materi secara langsung di lokasi. Baik instruktur dan peserta yang datang ke Musholla An-Nur, tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan cuci tangan.

Aplikasi Microsoft Word memang sudah banyak dan seringkali digunakan, akan tetapi pada pelatihan kali ini dimanfaatkan untuk membuat format penulisan menjadi lebih baik, serta membuat daftar isi secara otomatis. Materi tersebut disampaikan oleh Ibu Anita Diana, M.Kom. secara langsung, sehingga para peserta dapat mencoba dan mempraktekan langsung materi yang telah disampaikan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. dan Ibu Anita Diana, M.Kom. sebelumnya agar lebih tepat guna. Para peserta juga diberikan beberapa latihan sebagai pendalaman dari materi yang disampaikan sebelumnya. Pada setiap pemberian materi, instruktur selalu memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya bila ada langkah-langkah yang belum jelas.

Dengan adanya pelatihan ini, peserta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang menulis makalah atau karya tulis yang baik dan benar, termasuk mengoperasikan Microsoft Word dengan baik. Peserta menjadi lebih memahami cara-cara menulis atau pendalaman materi tentang cara menulis sebuah karya tulis dengan baik dan benar. Peserta juga mendapatkan informasi tentang Lomba Karya Ilmiah Daerah/Nasional atau kompetisi-kompetisi essay nasional Selain itu, peserta juga mendapatkan contoh-contoh makalah yang baik, sehingga dapat menumbuhkan minat, semangat serta motivasi remaja dalam berkarya khususnya di bidang menulis sebuah karya tulis.

Sebelum penutup, ada materi tips dan trik dalam penulisan makalah yang baik, serta informasi tentang Lomba Karya Ilmiah Daerah/Nasional atau kompetisi-kompetisi essay nasional yang hadiahnya cukup menarik dan menggiurkan, yang disampaikan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. Materi ini juga cukup penting karena informasi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat, semangat serta motivasi remaja dalam berkarya khususnya di bidang menulis sebuah karya tulis.

Pada bagian penutup, dilakukan tanya jawab lebih lanjut kepada para peserta, bila masih ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Pada kesempatan ini pula, instruktur meminta kesediaan para peserta untuk mengisi kuesioner yang disebarkan atas review dari pelaksanaan pelatihan ini. Dan hasil dari kuesioner ini pun menyatakan bila peserta puas dengan pelatihan yang diberikan. Instruktur juga melakukan pemberian ucapan terima kasih terhadap tanggapan yang sangat antusias dari para peserta pelatihan, sehingga dapat terlaksananya pelatihan pengabdian kepada masyarakat kali ini dari kedua belah pihak.

Comments are closed.