Pengenalan E-Commerce Bagi Masyarakat RT 01/RW 003 Kelurahan Pesanggrahan Di Era Industri 4.0 Untuk Pemulihan Ekonomi Keluarga Yang Terdampak Pandemi Covid-19

Salam Budi Luhur !!

Pengenalan E-Commerce Bagi Masyarakat RT 01/RW 003 Kelurahan Pesanggrahan Di Era Industri 4.0 Untuk Pemulihan Ekonomi Keluarga Yang Terdampak Pandemi Covid-19. Acara berlangsung pada tanggal 27 Juni 2020 oleh Bapak Andy Rio Handoko, S.Kom, MMSI dan Ibu Dyah Retno Utari, M.Kom serta Mahasiswa yang terliat 1611510528 – Prasnavira Satria di Aula RW RW 003 Kelurahan Pesanggrahan dihadiri oleh 28 warga masyarakat, terdiri dari ibu rumah tangga, pengurus PKK, karang taruna dan beberapa kepala keluarga. Acara ini berisi kegiatan penyuluhan tentang perkembangan e-commerce di Indonesia, pengertian e-commerce, dampak dari e-commerce, bahayanya belanja secara online, pengertian transaksi online, bagaimana bertransaksi online yang aman dan strategi membangun e-commerce dalam industry 4.0. Seluruh materi diberikan dalam rangka HUT DKI Jakarta dan dalam rangka upaya pemulihan ekonomi keluarga di masa pandemi COVID-19.

Acara dibuka dengan sambutan dari ketua PKK setempat dan penjelasan tentang aktifitas usaha warga sekitar, kemudian dilanjutkan dengan penyuluhan tentang e-commerce dari fasilitator Universitas Budi Luhur. Seluruh peserta yang merupakan Ibu rumah tangga dan Remaja Karang Taruna terlihat sangat antusias atas materi yang diberikan, karena sebagian besar telah mengenal dan mengetahui tentang e-commerce namun belum berani menjadi pelaku e-commerce karena kurangnya informasi bagaimana strategi memulai e-commerce. Interaksi dengan fasilitator berjalan dengan cukup aktif dengan disertai tanya jawab seputar informasi memulai e-commerce dan pemberian doorprize. Berdasarkan instrumen evaluasi yang telah disusun berupa kuesioner, dilakukan penilaian terhadap pelaksanaan program. Dari hasil evaluasi kegiatan menggunakan kuesioner kepuasan dan pemahaman materi kepada seluruh peserta seperti terlihat pada Tabel 1, maka dapat disimpulkan bahwa mayoritas peserta kegiatan ini sebesar 89% telah memahami luaran kegiatan yang direncanakan dan menyatakan bahwa kegiatan ini sesuai dengan harapan.

Comments are closed.