Sosialisasi Internet Of Things Guna Pendalaman Pengetahuan Untuk Mewujudkan Kampung Berteknologi Di Wilayah RT. 001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Kotamadya Jakarta Selatan

Salam Budi Luhur !!

IOT muncul sebagai   isu   besar   di   Internet.diharapkan bahwa miliaran hal fisik atau benda akan dilengkapi  dengan  berbagai  jenis  sensor terhubung ke internet melalui jaringan serta dukungan teknologi seperti  tertanam sensor  dan aktualisasi, frekuensi radio  Identifikasi  (RFID),  jaringan sensor  nirkabel, real-time  dan layanan  web,    IOT  sebenarnya  cyber fisik   sistem   atau   jaringan   dari   jaringan.   Dengan jumlah  besar hal  /  benda  dan  sensor  /  aktuator  yang terhubung   ke internet,   besar-besaran   dan   dalam beberapa  kasus  aliran data  real-time akan  otomatis dihasilkan  oleh  hal-hal  yang  terhubung  dan sensor. Pemanfaatan IT telah menjadi bagian penting bagi masyarakat luas tidak terkecuali masyarakat diwilayah RT.001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Kotamadya Jakarta Selatan. Kualitas masyarakat diwilayah RT.001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Kotamadya Jakarta Selatan yang sadar akan perkembangan teknologi tergolong baik namun perlu terus dipupuk dan dikembangkan. Beberapa aktifitas masyarakatnya sudah menerapkan teknologi informasi dalam pelaksanaannya. Oleh karena itu diperlukan pengembangan pengetahuan agar masyarakat sekitar melek teknologi dan memiliki pengetahuan yang update dan bisa mewujudkan kampung berteknologi tertama pengetahuan dibidang internet of things (IoT).

Adapun fokus dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang perkembangan ilmu pengetahuan di bidang teknologi informasi terbaru yaitu internet of things. Materi ini perlu disosialisasikan karena penerapan dari internet of things sudah merambah sampai kepada kegiatan sehari hari. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mewujudkan masyarkat yang melek teknologi, menyukai teknologi dan nantinya muncul keinginan untuk menciptakan produk yang berhubungan dengan teknologi.

Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari pada Sabtu, 18 Januari 2020 oleh Dosen FTI yaitu Ibu Dewi Kusumaningsih, M.Kom dan Dr. Tjahjanto, M.M. Peserta yang hadir diarahakan untuk registrasi dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh tim pelaksana. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan sosialisasi internet of things guna pendalaman pengetahuan untuk mewujudkan kampung berteknologi di wilayah RT.001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Kotamadya Jakarta Selatan diawali dengan pengenalan apa itu internet of things.

Acara berjalan lancar dan baik, peserta mendengarkan beberapa sosialisai serta diberikan video yang terkait dengan penerapan internet of things dan demo alat internet of things. Peserta berjumlah 26 orang, yang rata-rata berusia 16-21 tahun.

Foto bersama dengan peserta
Foto bersama dengan peserta

Kegiatan yang dilakukan diakhiri dengan foto sesi bersama. Tak lupa peserta ditanyakan tentang kesan dan pesan atas kegiatan yang ada ini.

Saat mereka menjawab pertanyaan terkait evaluasi kegiatan
Saat mereka menjawab pertanyaan terkait evaluasi kegiatan

Kesimpulan dari program pengabdian pada masyarakat berupa sosialisasi internet of things guna pendalaman pengetahuan untuk mewujudkan kampung berteknologi di wilayah RT.001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Kotamadya Jakarta Selatan yaitu : peserta menerima materi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan. Peserta mendapat ilmu pengetahuan dalam bidang internet of things dan memahami implenetasinya di kegiatan sehari-hari. Kegiatan pelatihan ini diterima dan diharapkan ada kelanjutan baik pelatihan lain nya ataupun materi lebih lanjut.

Comments are closed.