Pengembangan Kreatifitas Dengan Pembuatan Website Sederhana Bebasis Content Management System (CMS) Bagi Masyarakat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Asih Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Provinsi Banten

Salam Budi Luhur !!

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Asih Merupakan kegiatan belajar mengajar, yang merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) dari Yayasan Bhakti Asih. Sekrertariat Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Asih di jalan Raden Fatah No. 07 Sudimara Barat Kec. Cileduk Kota Tangerang. Beberapa jenis keterampilan yang teridentifikasi dan dikembangkan dalam PKBM Bhakti Asih adalah: keterampilan komputer (software dan hardware), kursus keterampilan Bahasa dan penyelenggaran Program Kejar Paket A, B, C bagi para masyarakat yang putus sekolah.

Permasalahan yang ada saat ini adalah masyarakat yang tergabung dalam PKBM memerlukan softskill terutama dibidang komputer. Salah satunya adanya kebutuhan dalam membuat wadah ekpresi dan eksistensi pribadi maupun organisasi yang bisa siakses oleh banyak masyrakat. Jumlah peserta PKBM yang banyak dan tidak sesuai jumlah pengajar di bidang komputer, belum adanya pelatihan di bidang pembuatan website sederhana yang dibimbing secara intens dalam bidang teknologi, serta tidak memadainya jumlah perangkat komputer yang ada jika pelatihan jenis teknologi dilakukan dialam PKBM Bhakti Asih. Melihat dari kebutuhan ini, maka tim pelaksana pengabdian kepada masyrakat mewadahi keluhan tersebut dengan membuat kegiatan pelatihan komputer dengan tema .

Tujuan dari kegiatan ini adalah menyediakan tutor yang menguasai bidang Content Management System (CMS) sehingga bisa dapat diberikan materi yang sesuai, menyediakan tempat dengan sarana dan prasarana yang memadai dalam pelatihan pembuatan website sederhana dengan Content Management System (CMS), serta menjalin hubungan dan kerjasama yang baik dan berkelanjutan antara lembaga pendidikan (Universitas Budi Luhur) dengan kelompok masyarakat.

Manfaat dari kegiatan ini adalah masyarakat PKBM mendapatkan pengetahuan bidang TIK sehingga memperluas softskill mereka, mitra dapat menwujudkan ekspresi dan eksisntensi baik pribadi maupun organisasi di dunia maya dengan pembuatan website. Bagi tim pelaksana kegiatan ini merupakan sarana untuk mempromosikan keberadaan lembaga agar lebih dikenal masyarakat. Serta meningkatkan partisipasi dalam pembangunan lokal dan regional di bidang pendidikan.

Pelaksanaan dari kegiatan ini dilakukan pada Sabtu, 18 Januari 2020 pukul 09.00 di Universitas Budi Luhur. Tim Pelaksana yang terdiri dari Bapak Dr. Mardi Hardjianto, M.Kom.Bapak Dr. Moedjiono, M.Sc dan Ibu Dwi Pebrianti, Ph.D mulai melakukan penyampaian materi tentang pengetahuan umum berkaitan dengan CMS dan WordPress. Salah satu alasan mengapa memilih wprdpress adalah banyaknya pengguna WordPress, dan semakin banyak tutorial dan tips optimasi WordPress tersebar di internet. Forum-forum pengguna WordPress bertebaran di internet. Tutorial WordPress juga mudah ditemukan. Hal ini memudahkan bagi siapapun untuk belajar cara membuat website dengan WordpPess.

Tim pelaksana memantau kegiatan latihan peserta
Tim pelaksana memantau kegiatan latihan peserta

Dalam pelaksanaannya tim melakukan diskusi dan tanya jawab secara pararel dengan menjelaskan materi yang ada. Foto bersama dengan peserta kegiatan yang berjumlah 22 peserta. Antusiasme peserta selama kegiatan sangat terlihat. Mereka terus berusaha mengembangkan konten yang detil dan menarik. Tak lupa penambaha media gambar dan link video. Peserta tanpa ragu bertanya saat ada materi yang dianggap sulit.

Foto Bersama diakhir kegiatan
Foto Bersama diakhir kegiatan

Kesimpulan dari program pengabdian pada masyarakat berupa Pengembangan Kreatifitas dengan Pembuatan Website Sederhana Bebasis Content Management System (CMS) bagi Masyarakat  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bhakti Asih Kecamatan Ciledug Kota Tangerang Provinsi Banten yaitu : Peserta mampu membuat website sederhana dengan menggunaka Content Managemenet System yaitu WordPress.

Comments are closed.