Pembuatan Sistem Penerimaan Dan Rekam Jejak Santri Berbasis Desktop Pada Tpa Miftahul Ulum Kelurahan Petukangan Utara Jakarta Selatan

Salam Budi Luhur !!

TPA Miftahul Ulum adalah taman pendidikan bagi anak mulai dari usia 4 sampai 14 tahun yang menimba ilmu agama. TPA Miftahul Ulum berada dibawah Yayasan Intishor yang sudah berdiri lebih dari 15 tahun. Sampai dengan saat ini  TPA Miftahul Ulum Yayasan Intishor  memiliki lebih dari 125 santri didalamnya yang terbagi dalam beberapa kelompok pendidikan berdasarkan usia. Setiap saat TPA Miftahul Ulum dapat menerima santri yang masuk, baik yang akan belajar di sesi pagi maupun di sesi sore. Banyaknya santri yang masuk hanya ditulis dalam buku tanpa adanya keterangan kapan masuk, bagaimana rekan prestasi maupun bacaannya. Untuk itulah diperlukan adanya suatu perubahan, karena banyak sekali santri yang telah lulus dari TPA Miftahul Ulum ini yang hendak meneruskan ke jenjang selanjutnya dalam materi namun belum pernah ada rekam jejaknya.

Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah menyediakan sarana berbasis teknologi agar perekaman data santri baru maupun histori santri lama tersimpan dengan baik. Tim pelaksana pengabdian kepada masyrakat menawarkan solusi yang dapat   menyelesaikan beberapa permasalahan yang dihadapi mitra yakni : membuat suatu aplikasi dimana pengelola bisa memampung data santri yang masuk dan keluar, data prestasi santri, dan history bacaan (alquran/iqro) santri. Dimulai dengan mendata berapa banyak santri yang ada. Seberapa banyak santri yang masuk atau mendaftar. Kemudian data tersebut dikelola untuk history dan transaksi

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan oleh Ibu Dr. Rusdah, M.Kom dan Bapak Luhur Bayuaji, Ph.D. Sistem Aplikasi yang telah selesai dibuat dijadwalkan untuk di sosialisaikan kepada pihak manajemen dilaksanakan pada 22 Januari 2020 . Berikut adalah tatap muka dari pelatihan penggunaan Sistem Penerimaan dan Rekam Jejak Santri TPA Miftahul Ulum :

Sosialisasi Sistem Penerimaan dan Rekam Jejak Santri
Sosialisasi Sistem Penerimaan dan Rekam Jejak Santri

Pada sesi ini tim pelaksana pengabdian masyrakat telah menginstal dan memberikan panduan mengenai bagaimana system aplikasi ini berjalan. Banyak pihak menajemen yang masih berusia diabawh 40 tahun, yang tidak awam dengan penggunaan computer dan handphone. Sehigga menjelaskan untuk penggunaan aplikasi ini dapat berjalan dengan baik.

Foto bersama Tim pelaksana dan manajemen TPA Miftahul Ulum
Foto bersama Tim pelaksana dan manajemen TPA Miftahul Ulum

Kegiatan ini ditutup dengan melakukan sesi foto bersama diantara manajemen dan tim pelaksana. Tentukan tetap menjalin kerjasama manakala ada sesuatu yang dibutuhkan dikemudian hari terkait kegiatan ini.

Berikut adalah dokumentasi dari system yang dibuat dimulai dengan Halaman Utama dari Sistem Penerimaan dan rekam jejak Santri

Halaman Utama Sistem Penerimaan dan Rekam Jejak Santri TPA Miftahul Ulum
Halaman Utama Sistem Penerimaan dan Rekam Jejak Santri TPA Miftahul Ulum

Tampilan selanjutnya adalah halamn data wali santri, dimana ketika santri mendaftra maka kebutuhan data dari wali santri tetap direkap.

Tampilan Daftar Histori Bacaan Santri
Tampilan Daftar Histori Bacaan Santri

Kesimpulan dari program pengabdian pada masyarakat ini terealisasikannya system penerimaan dan rekan jejak santri pada mitra. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan mitra. Aplikasi ini mudah digunakan dan terciptanya jalinan kerjasama antara Universitas Budi Luhur dan lembaga TPA Miftahul Ulum.

Comments are closed.