Implementasi Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah

Salam Budi Luhur !

Implementasi Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah
Implementasi Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul “Implementasi Sistem Informasi Manajemen Bank Sampah Pada Bank sampah ASOKA” ini diselenggarakan oleh dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Budi Luhur yaitu Ibu Tri Ika jaya Kusumawati, S.Kom, M.Kom, Ibu Desy Mariani, S.E., M.Akt., Bapak Teja Endra Eng Tju, S.T., M.Kom dan dibantu oleh 2 Mahasiswa/i 1612502383 Yira Tri Pebriyandeski dan 1612501369 Trisno Febrianto. Kegiatan PKM ini dimulai sejak 7 November 2019 s/d 26 Januari 2020. Mitra dari kegiatan ini adalah Bank Sampah ASOKA yang beralamat di RT003/009, Kelurahan Larangan Selatan, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. Kegiatan PKM ini adalah membantu mitra untuk meningktkan peran teknologi dalam kegiatan bisnis kemasyarakatan dibidang bank sampah dengan cara menerapkan sistem informasi manajemen bank sampah berbasis web.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mengatasi masalah bank sampah pada umumnya dan masalah mitra pada khususnya dalam pengelolaan administrasi bank sampah. Dengan solusi yang diberikan, Bank Sampah Asoka telah terhindar dari permasalahan yang dihadapi dengan penjelasan sebagai berikut: tidak ada perbedaan pencatatan dalam transaksi jual beli sampah dan penulisan saldo di buku tabungan nasabah, karena pencatatan dilakukan dengan sistem komputer secara terpusat dan disimpan di satu tempat; tidak ada kesalahan perhitungan dalam rekapitulasi pelaporan transaksi dan saldo di buku tabungan nasabah, karena perhitungan dilakukan oleh sistem komputer sesuai dengan rumus yang diberikan; secara singkat proses perhitungan dan pelaporan transaksi jual beli sampah bisa diselesaikan, karena format laporan sudah tersedia di sistem komputer dengan data terpusat dan perhitungan secara otomatis

Kegiatan Operasional Bank Sampah ASOKA
Kegiatan Operasional Bank Sampah ASOKA

Kegiatan ini dimulai dengan observasi lapangan, pengumpulan data dan wawancara yang dilakukan oleh mahasiswa. Kemudian hasil dari pengumpulan data diolah oleh tim dosen untuk dibuatkan perancangan kebutuhan sistem dan pengkodean. Setelah aplikasi yang dibuat selesai kemudian dilakukan pengujian dan pemasangan aplikasi ke mitra yang dilakukan oleh mahasiswa. Hasil dari kegiatan tersebut kemudian didiskusikan oleh tim dosen untuk berikutnya disusun dalam pelaporan dan evaluasi kegiatan untuk perbaikan. Hasil dari kegiatan ini berupa publikasi ke dalam jurnal pengabdian kepada masyakarat, seminar pelaksanaan kegiatan dan hak cipta untuk program komputer yang telah dibuat sesuai dengan requirement bank sampah ASOKA.

Proses pembuatan HKI dan Evaluasi kegiatan PKM
Proses pembuatan HKI dan Evaluasi kegiatan PKM

Comments are closed.