Pelatihan Pembuatan Blog Untuk Publikasi Kegiatan dan Bisnis Sederhana Bagi Remaja Di RT.001/RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Jakarta

Salam Budi Luhur !!

Remaja haruslah disibukkan dengan kegiatan yang positif sebagai langkah dalam menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Terlebih di era digital seperti sekarang ini, akses internet yang mudah dan sudah pasti dimiliki masyarakat kebanyakan  membuat masyarakat lebih mudah menyalurkan bakat dan dokumentasinya melalui media sosial dan blog untuk cerita yang leboh detail dan panjang.

Adapun masalah yang ada dirumuskan pada Pengabdian kepada Masyarakat diwilayah RT.001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesangrahan Jakarta Selatan saat ini sehingga diperlukan Pelatihan adalah sebagai berikut : Kurangnya kegiatan pengembangan kompetensi dan inovasi di kalangan remaja akibat kurangnya gaya hidup yang semakin individualis, jumlah remaja yang banyak namun jarang ada kegiatan yang berbasis komputer, kurangnya pengetahuan bagi anak usia sekolah atau remaja bentuk dan wujud serta contoh dalam penggunaan blog.

Tujuan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan masyarakat diwilayah RT.001 RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesangrahan Jakarta Selatan sehingga diharapkan masyarakat khususnya remaja di kalangan tersebut bisa mengembangkan kemampuannya dan berkreasi di bidang yang positif dan membangun. Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyediakan tempat dengan sarana dan prasarana yang memadai dalam pelatihan komputer dalam pembuatan blog sebagai media publikasi dan pengembangan bisnis sederhana sebagai wujud mereka menyalurkan kreatifitas dan bakat.

Kegiatan dilaksanakan dalam satu hari pada Sabtu, 22 Desember 2019 selama 5 jam. Peserta yang hadir diarahakan untuk registrasi dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh nara sumber dari Dosen Fakultas Teknologi Informasi yaitu Bapak Purwanto, S.Si., M.Kom dan Bapak Indra Nugraha Abdullah, Ph.D. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan Pelatihan Pembuatan Blog untuk Publikasi Kegiatan dan Bisnis Sederhana bagi Remaja di RT.001/RW.011 Kelurahan Petukangan Utara Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan diawali dengan diskusi sederhana perihal dasar dasar dari pengethaun yang dimiliki. Karena remaja yang dating memiliki range usia yang bermacam macam mulai dari 11 hingga 18 tahun maka tak ayal memberikan tantangan tersendiri bagi tim dalam penerapan materi yang disiapkan.

Pendampingan pembuatan blog
Pendampingan pembuatan blog

 

Dokumentasi peserta saat penyampaian materi
Dokumentasi peserta saat penyampaian materi

 

Foto bersama selesai kegiatan pelatihan
Foto bersama selesai kegiatan pelatihan

 

Seluruh peserta mengikuti pelatihan blog ini dengan baik dan antusias. Peserta dibantu membuat postingan sesuai dengan kegemaran mereka. Karena dari hobbi bisa saja menimbulkan jiwa bisnis. Secara keseluruhan pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat ini berjalan lancar dan baik

Comments are closed.