Pelatihan Optimasi Instagram Sebagai Peningkatan Pemasaran Bisnis Online Bagi Komunitas Bisnis Online Muslimah B-Erl Family

Salam Budi Luhur !!

Komunitas Bisnis Online Muslimah B-erl Family merupakan sebuah team bisnis yang menjual produk kosmetik dengan merek Berl. Team ini dipimpin oleh distributor Berl Tangerang dengan anggota member diantaranya sekitar 25 Agen dan 250 reseller. Distributor selaku pemimpin team menargetkan omset penjualan bulanan tahun depan menjadi dua kali lipat dari omset bulanan saat ini. Pemanfaatan media sosial instagram sudah digunakan tetapi belum maksimal. Hal ini disebabkan masih banyak member yang belum mengetahui adanya fitur instagram bisnis. Sehingga diperlukan kegiatan berupa pelatihan optimasi instagram untuk menunjang peningkatan pemasaran bisnis online ini. Pelatihan akan membahas pengetahuan tentang pemanfaatan dan optimasi fitur dan alat bantu di instagram untuk meningkatkan pemasaran produk. Harapan dari kegiatan ini adalah peserta pelatihan memiliki pengetahuan, pemahaman dan dapat mempraktikan penggunaan fitur instagram bisnis sehingga dapat meningkatkan pemasaran dan penjualan produk.

Kegiatan ini dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 21 Desember 2019. Kegiatan dilaksanakan di Lab-ICT Universitas Budi Luhur Unit 7 Lantai 4 oleh yaitu Bapak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, M.Kom., Bapak Gunawan Pria Utama, M.Kom. dan Ibu Yuliazmi, M.Kom selaku Dosen FTI serta Bapak Salman Alfarizi, S.I.Kom., M.MSi sebagai narasumber tamu. Peserta yang hadir diarahakan untuk registrasi dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh tim pelaksana.

Proses Pelatihan
Proses Pelatihan

Acara berjalan dengan lancar dan baik, peserta menyimak dan mempraktikan materi yang diberikan. Praktikum mulai dari pembuatan akun Instagram bisnis sampai penggunaan tools pendukungnya. Seluruh peserta adalah wanita dengan rentang usia antara 22 sampai dengan 42 tahun.

Dari pelaksanaan pelatihan ini disimpulkan bahwa pelatihan ini bermanfaat untuk menambah ketrampilan peserta dalam menjalankan bisnisnya. Kesimpulan lainnya adalah materi yang diberikan mudah dipahami dan diterapkan oleh masing-masing peserta sebagai penunjang dalam peningkatan pemasaran dan penjualan pada bisnis sehingga kegiatan operasional bisnis yang dilakukan menjadi lebih mudah dengan hasil yang lebih baik.

Penjelasan ke Peserta
Penjelasan ke Peserta

Adapun tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk memberi pengetahuan tentang alasan pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran bisnis, cara membuat instagram bisnis (akun khusus bisnis), perbedaan instagram biasa dengan instagram bisnis, algoritma yang ada pada instagram untuk optimasi pemasaran, penggunaan fitur pada instagram seperti Instastory, Carousel, Hastag dan Bio serta pemahaman tentang copywriting untuk menunjang optimasi instagram dalam pemasaran bisnis dan  penggunaan tools pendukung optimasi instagram.

Foto Bersama Kegiatan
Foto Bersama Kegiatan

Comments are closed.