Pemanfaatan Blog Untuk Mengasah Kompetensi dan Kreativitas Siswa dalam Dunia TIK Pada SMK

Salam Budi Luhur !!

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan pembuatan dan pengelolaan blog untuk mengasah kompetensi dan kreativitas siswa/siswi pada SMK Berbudi Yogyakarta yang dilaksanakan pada Jum’at, 13 Desember 2019 pada pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB dan bertempat di Laboratorium Komputer SMK Berbudi Yogyakarta yang diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta. Sebelum penyampaian materi pelatihan, acara dibuka oleh Kepala Sekolah SMK Berbudi Yogyakarta, yaitu Ibu Dra. Kuncari. Adapun sambutan berikutnya adalah perwakilan tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat perwakilan tim pelaksana kegiatan pengabdian pada masyarakat dari Universitas Budi Luhur yaitu Dr. Gandung Triyono, M.Kom.

Sambutan Dari Kepala Sekolah SMK Berbudi Yogyakarta dan Perwakilan Tim Pelaksana PKM
Sambutan Dari Kepala Sekolah SMK Berbudi Yogyakarta dan Perwakilan Tim Pelaksana PKM

Dalam sambutannya, Ibu Dra. Kuncari berharap dengan adanya pelatihan blog tersebut dihadapkan dapat mendorong kompetensi dan kreativitas Siswa/i pada SMK Berbudi Yogyakarta sehingga mampu mengikuti kompetisi berbasis TI di kawasan regional maupun nasional. Selanjutnya adalah penyampaian materi utama berupa pembuatan dan pemanfaatan blog yang disampaikan oleh Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom dan Bapak Lis Suryadi, M.Kom. Materi dasar yang disampaikan adalah berupa penjelasan mengenai istilah blog. Blog atau web blog adalah jenis situs web yang dikembangkan dan dikelola oleh individu dengan menggunakan perangkat lunak (software) online atau platform host yang sangat memudahkan pengguna dan tersedia ruang untuk menulis. Blog menampilkan publikasi online secara instan dan mengajar public untuk membaca dan memberikan respon balik dalam bentuk komentar. Setelah penjelasan mengenai konsep dasar blog, maka materi dilanjutkan dengan ragam tujuan pembuatan blog.

Penyampaian Materi Blog dan Asistensi Praktikum
Penyampaian Materi Blog dan Asistensi Praktikum
Siswa/i SMK Berbudi Yogyakarta Sedang Melaksanakan Praktikum Pembuatan Blog
Siswa/i SMK Berbudi Yogyakarta Sedang Melaksanakan Praktikum Pembuatan Blog

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini ditutup dengan pemberian kuis kepada peserta pelatihan untuk mengetahui seberapa besar mereka mampu mengerti dan paham terhadap materi yang telah disampaikan. Peserta diminta untuk menjawab kuis yang diberikan melalui aplikasi Kahoot!

Kegiatan Kuis dan Hasil Perangkinan Nilai Kuis
Kegiatan Kuis dan Hasil Perangkinan Nilai Kuis

Berdasarkan hasil penilaian tersebut, maka dapat diketahui bahwa sebesar 83,33% peserta pelatihan mampu menjawab sebagian besar pertanyaan dengan benar dan sebesar 16,67% peserta pelatihan menjawab dengan jawaban yang salah. Berdasarkan prosentase diatas, maka dapat disimpulkan bahwa sebagai besar peserta dapat mengerti dan mampu mengikuti materi yang disampaikan dengan baik. Adapun peserta dengan nilai 3 (tiga) terbaik dan teratas  mendapatkan souvenir dari panitia pelaksana kegiatan pengabdian kepada masyarakat Universitas Budi Luhur.

Adapun kesimpulan yang bisa ditarik dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMK Berbudi Yogyakarta adalah sebagai berikut :

  • Dengan adanya pelatihan blog tersebut, maka peserta pelatihan dapat mengerti dan memahami tata cara pembuatan blog baik menggunakan hosting gratisan maupun berbayar.
  • Dengan adanya pelatihan bl14og tersebut, maka peserta pelatihan dapat mengetahui bagaimana cara mengelola blog/website dengan baik, seperti mengatur isi blog/website, mengatur tampilan blog/website, mengatur tampilan menu, dsb.
  • Dengan adanya pelatihan blog tersebut, maka peserta pelatihan juga dapat menumbuhkembangkan inovasi dan jiwa kewirausahaan dengan memasang produk-produk yang laku dijual ke masyarakat.

Comments are closed.