Dosen Fakultas Teknologi Informasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Memberikan Pelatihan Daur Ulang Sampah kepada Siswa SMA An-Nurmaniyah Ciledug

Salam Budi Luhur !!

Foto Bersama Kegiatan PPM
Foto Bersama Kegiatan PPM

Universitas Budi Luhur yang diwakili oleh Bapak Windarto, S.Kom., M.Kom. dari Fakultas Teknologi Informasi dan Ibu Martini, S.E., M.Akt. dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis memberikan pelatihan daur ulang sampah kepada para siswa di SMA An-Nurmaniyah Ciledug, Kota Tangerang. Pelatihan ini diselenggarakan sebagai bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelatihan yang diselenggarakan pada tanggal 31 Agustus 2019 tersebut meliputi pelatihan daur ulang sampah plastic, seperti kantong plastik, plastik minuman kemasan, dan plastik bekas tutup botol minuman.

Suasana Kelas Crafting
Suasana Kelas Crafting

Pelatihan daur ulang sampah yang diikuti oleh 18 siswa dari kelas crafting tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada para siswa tentang pengelolaan limbah sampah plastik. Selain itu, pelatihan ini juga bermanfaat dalam memberikan edukasi kepada para siswa bahwa sampah yang selama ini dinilai tidak bermanfaat dapat dijadikan produk kreatif yang bisa memiliki nilai tambah sehingga dapat menjadi suatu peluang ekonomi.

Suasana Kelas Crafting
Suasana Kelas Crafting

Dalam memberikan pelatihan ini, metode yang digunakan adalah pendampiangan secara langsung oleh narasumber yakni mengkombinasikan secara langsung antara teori dan praktik. Dengan metode tersebut, siswa dapat langsung mempraktikkan bagaimana mengolah limbah sampah plastik menjadi produk kreatif yang memiliki nilai. Pada pelaksanaannya, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dimana masing-masing kelompok praktik dengan menggunakan bahan yang berbeda. Keberhasilan pelatihan ini terlihat dari antusiasme para siswa dalam menghasilkan karya dari sampah plastik.

Comments are closed.