http://www.budiluhur.ac.id/

Pelaksanaan Seminar ITOR #34 “Bagaimana Mengenal Diri dan Membangun Tim Kerja Dengan Metode DISC”

Salam Budi Luhur !

ITOR (IT On The Roof) 34 merupakan acara rutin yang diadakan oleh Fakultas Teknologi Informasi di Universitas Budi Luhur. IT On The Roof yang ke 34 ini mengangkat tema “Bagaimana Mengenal Diri dan Membangun Tim Kerja Dengan Metode DISC“. Acara ini telah diselenggarakan pada hari Jumat, 27 Oktober 2017, pukul 16.00 WIB s/d selesai, bertempat di Roof Suhanah, Unit 7 Lantai 6, Universitas Budi Luhur dengan pembicara Bapak Gunawan Pria Utama, M.Kom. Sebelum acara dimulai, Bapak Joko Christian Chandra, M.Kom memberikan sambutan.

http://www.budiluhur.ac.id/
Pelaksanaan Seminar ITOR #34 “Bagaimana Mengenal Diri dan Membangun Tim Kerja Dengan Metode DISC”

Acara ini membahas mengenai Bagaimana Mengenal Diri dan Membangun Tim Kerja Dengan Metode DISC yang dipaparkan oleh Bapak Gunawan Pria Utama, M.Kom. DISC merupakan pengukuran kepribadian atau asessment tool yang bertujuan untuk melihat dan mengukur perilaku kerja (Work Behavior) seseorang yang didasarkan pada 4 type kepribadian seseorang yaitu Dominant, Influence, Steady dan Compliance. Berikut adalah definisi dasar dari DISC :

  • (D) Dominance atau Dominasi yaitu dorongan untuk mengontrol, meraih tujuan atau target. Intensi atau niat dasar adalah (mengatasi) to overcome.
  • (I) Influence atau Pengaruh yaitu dorongan untuk mempengaruhi, berekspresi, dan didengarkan. Intensi atau niat dasar adalah (membujuk) to persuade.
  • (S) Steadiness atau Kemantapan yaitu dorongan untuk menjadi stabil dan konsisten. Intensia atau niat dasar adalah (mendukung) to support.
  • (C) Compliance atau Kepatuhan yaitu dorongan untuk menjadi benar, pasti dan aman. Intensi atau niat dasar adalah (menghindari masalah) to avoid trouble.

DISC Versus Psychological TestDISC adalah mengukur gaya kerja (style) perilaku yang dimunculkan seseorang dalam bekerja. Sedangkan Psychological Test adalah mengukur potensi dan ability atau kemampuan seseorang dalam bekerja. Berikut adalah Validitas dan Reliabilitas dari DISC :

  • Perdictive Validity atau Validitas Tingkat Perkiraan. DISC tergolong tinggi yaitu 0.89 dengan SD 0.065.
  • Pearson Product Moment Coeficient Correlation adalah 0.728 (Dominance), 0.645 (Influence), 0.730 (Steadiness), 0.550 (Compliance)
  • Tingkat Keakuratan DISC tergolong tinggi yaitu bergerak dalam 83 % sd 95%.
http://www.budiluhur.ac.id/
Pelaksanaan Seminar ITOR #34 “Bagaimana Mengenal Diri dan Membangun Tim Kerja Dengan Metode DISC”

DISC merupakan psychometric test yang menentukan gaya kepribadian seseorang, sehingga yang diukur dalam DISC adalah kekuatan (strengths), kelemahan (weakness), motivasi dan bagaimana seseorang akan berperilaku di tempat kerja, sedangkan yang tidak diukur dalam DISC adalah Intelegensi, Bakat, Minat, Keahlian, Value, Experience.

Selain itu juga menjelaskan apa saja yang diukur dalam DISC. Berikut penjelasannya :

  • Faktor D, mengukur bagaimana reaksi seseorang terhadap problem dan tantangan. Jika D Tinggi: Dominan, Decesive/Menentukan, DirectDemanding/Menuntut, Driving/Mengarahkan. Sedangkan jika D Rendah: Less Dominant, Un-Decesive, Non-Challenge.
  • Faktor I, mengukur bagaimana reaksi seseorang dalam mempengaruhi orang lain dan lingkungannya. Jika I Tinggi: Influencing, inspire/ilham, Impulsive/Mengikuti kata hati, Impressive/mengesankan. Sedangkan jika I Rendah: Less talk, Non verbal Communication.
  • Faktor S, mengukur reaksi seseorang dalam menghadapi lingkungan yang berubah-ubah. Jika S Tinggi: Stabil, Submissive/Penurut, Status Quo, Supportive/Mendukung. Jika S Rendah: Rapid Change/Perubahan yang cepat, Fast.
  • Faktor C, bagaimana reaksi seseorang terhadap aturan dan prosedur. Jika C Tinggi: Compliance/kepatuhan, Cautious/Hati-hati, Consistence, Carefull, Calculate. Jika C Rendah: Seek Independence/bebas mencari, less details/kurang rinci.
http://www.budiluhur.ac.id/
Pelaksanaan Seminar ITOR #34 “Bagaimana Mengenal Diri dan Membangun Tim Kerja Dengan Metode DISC”

Pada akhir acara, dilakukan penyerahan plakat yang diberikan oleh Ibu Atiek Ariesta, M.Kom kepada Bapak Gunawan Pria Utama, M.Kom.

Comments are closed.