Peningkatan Kompetensi Siswa TKJ Melalui Pelatihan Jaringan Komputer dan Implementasi Kurikulum Uji Kompetensi dan Keahlian untuk Meningkatkan Kemampuan pada Aspek Soft Skill di SMK Letris 1

Tangerang Selatan, 22-23 Juli 2024 – Telah dilaksanakan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berjudul “Peningkatan Kompetensi Siswa TKJ Melalui Pelatihan Jaringan Komputer dan Implementasi Kurikulum Uji Kompetensi dan Keahlian untuk Meningkatkan Kemampuan pada Aspek Soft Skill di SMK Letris 1”. Adapun tim pelaksana pada kegiatan PPM ini adalah Bapak Hillman A. Damanik, M.Kom dan Ibu Merry, M.Kom dan Ibu Farida, S.E., M.M.

Kegiatan Program Kemitraan Kepada Masyarakat (PKM) yang dilaksanakan tim pengusul PKM bermitra dengan SMK Letris 1. Sasaran dari kegiatan pelatihan dan implementasi PKM ini adalah siswa pada Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Pelaksanaan kegiatan PKM ini akan dilaksanakan secara bertahap dengan materi program untuk jaringan komputer (sesuai dengan kesepakatan topik yang sudah disepakati dengan guru TKJ) menggunakan Tool emulator pnetlab, terkait materi yang relevan dengan konfigurasi perangkat Router dan Switch pada infrastruktur jaringan. Kegiatan informasi pelatihan ini dirancang agar peserta didik pada jurusan TKJ dapat memahami sistem secara komprehensif serta dapat menggunakan tool simulator yang akan digunakan.

Kegiatan praktikum mengimplementasikan soal dan tugas uji kompetensi dan keahlian menggunakan MikroTik RouterOS Series 900 2 Unit dan Switch TP-Link, dan menggunakan emulator pnetlab untuk konfigurasi praktikum Paket 1 (Rancang Bangun Keamanan Jaringan, Instalasi dan Konfigurasi Dynamic Routing) dan Paket 2 (Rancang Bangun Jaringan Berbasis Kabel dan Nirkabel dengan VLAN dan Routing) sebagai aspek dan indikator untuk implementasi konektivitas kategori dan objective soal UKK, agar dapat mengakomodir kegiatan, untuk tahap implementasi sehingga dapat memberikan bekal dan penerapan yang nyata bagi para peserta didik dengan mengimplementasikan infrastruktur jaringan pada soal dan tugas UKK yang dimodelakan. Gambar 1 merupakan soal dan tugas paket 1 Rancang Bangun Keamanan Jaringan dan Instalasi serta konfigurasi Dynamic Routing menggunakan PNETLab.

Gambar 1. Rancang Bangun Keamanan Jaringan dan Instalasi serta konfigurasi Dynamic Routing menggunakan PNETLab

Gambar Rancang Bangun Jaringan Berbasis Kabel dan Nirkabel dengan VLAN dan Routing seperti pada gambar 4.8

Hasil luaran kegiatan PKM ini juga akan membuat template konfigurasi untuk perangkat Router dan penyerahan perangkat dari kegiatan Implementasi. Hasil dari pemberian materi dan implementasi untuk UKK yang diberikan akan melakukan agenda pre-test dan post-test dengan tujuan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam mengikuti kegiatan PKM. Perbandingan dari tiap hasil tersebut dari para peserta didik dapat dilihat pada Gambar 3, terlihat dari 9 pembahasan materi, hasil post-test menunjukkan peningkatan dalam pemahaman tentang konseptual dari masing-masing mahasiswa sekitar 50%.

Gambar 3. Hasil rata-rata penilaian pre-test dan post-test

Dari aspek teknologi yang sudah diterapkan kepada para siswa, pada kegiatan PKM ini, tim pelaksana PKM juga memberikan module kepada pihak mitra seperti pada Gambar 4. Manual book yang diberikan berisi langkah dan petunjuk untuk kegiatan PKM yang sudah dilaksanakan.

Gambar 4. Manual Book

Adapun untuk menyelesaikan dan melakukan kegiatan PKM agar menjadi tepat sasaran, mulai dari pelatihan dan kegiatan praktikum menggunakan tool emulator, real device untuk kegiatan implementasi, maka dalam hal ini dosen bertanggung jawab atas pelatihan hingga pendampingan pelatihan sampai tahap evaluasi.

Comments are closed.