Pelatihan Microsoft Excel Advance Untuk Pembekalan Pada PKBM Bina Bangsa Larangan Tangerang

Salam Budi Luhur !!

Pengabdian Kepada Masyarakat atau biasa disebut dengan PKM/PPM/Abdimas merupakan salah satu komponen dari Tridharma perguruan tinggi yang wajib dijalankan oleh para Dosen pada tiap semester. Masih dalam kondisi PSBB, menjalani era new normal di masa pandemi COVID-19, PKM menjadi sebuah tantangan tersediri bagi para Dosen, karena keterbatasan dari pelaksanaan secara tatap muka langsung. Hal ini tentu berdampak pada model pelaksanaan PKM menjadi dilaksanakan secara online/daring dengan menggunakan sarana virtual meeting seperti GoogleMeet.

Kegiatan PKM pada kesempatan ini mengangkat judul ”Pelatihan Microsoft Excel Advance untuk Pembekalan Pada PKBM Bina Bangsa Larangan Tangerang”. Pelaksanaan secara daring (online) pada Sabtu, 26 Desember 2020  mulai Pukul: 09:00 WIB sampai pukul 12:30. Dengan tim pelaksana terdiri dari tiga instruktur yaitu Hendri Irawan, S.Kom., M.T.I., Agnes Aryasanti, S.Kom., M.Kom., dan Dr. Mardi Hardjianto, M.Kom. yang merupakan Dosen Program Studi Sistem Informasi dan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur. Pelaksanaan kegiatan diikuti oleh 8 peserta yang terdiri dari siswa-siswi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Bangsa Larangan Tangerang. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode daring (online) dengan memanfaatkan google meet untuk memberikan pengarahan dan pelatihan dan google form dalam memberikan soal pre test, soal post test dan kuisioner dengan menggunakan google Form.

Materi yang diberikan berdasarkan hasil permintaan serta diskusi antara tim pelaksana dari Universitas Budi Luhur dengan mitra kerjasama PKBM Bina Bangsa, yang menginginkan lanjutan pembekalan dalam pemberian pelatihan lanjutan dari PKM sebelumnya, yakni Ms. Excel Advance (tingkat lanjut). Materinya yaitu: 1. Range Name Static dan Dynamic; 2. Working with Hyperlinks; 3. Multiple Worksheets dan Workbooks; 4. Filtering Data; 5. Subtotal Function; 6. Data Validation; 7. Conditional Formating; 8. Consolidate Functions; 9. PivotTable dan PivotChart.

Tujuan kegiatan ini adalah membantu PKBM Bina Bangsa untuk memberikan pelatihan agar dapat berguna bagi peserta didik meningkatkan keterampilan menggunakan komputer, terutama penggunaan Microsoft Excel supaya dapat digunakan nanti di dunia kerja.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan baik tanpa ada kendala dari peserta maupun dari penyelenggara kegiatan. Peserta secara keseluruhan sangat antusias mengikuti tahap demi tahap kegiatan PKM ini dari awal sampai akhir kegiatan berlangsung. Dokumentasi kegiatan dapat dilihat pada link youtube berikut: https://www.youtube.com/watch?v=TAqFtCEFZZg.

Comments are closed.