KEGIATAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BAGI SISWA SISWI PKBM EDUKASI JAKARTA

Salam Budi Luhur !!

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Edukasi merupakan kelompok belajar non formal dan informal yang terus berpacu untuk berupaya meningkatkan sumber daya manusia lewat jalur pembelajaran dan berketerampilan serta kelompok wirausaha mandiri. PKBM edukasi hadir dari keinginan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan akan pendidikan kesetaraan dan program keterampilan dan usaha/jasa.

Untuk meningkatkan kualitas perserta didik PKBM Edukasi perlu diadakannya pelatihan tambahan pemanfaatan aplikasi otomasi perkantoran guna kepentingannya dimasa depan. Berdasakan hal tersebut, pada tanggal 7 Desembar 2019 kami telah menyelenggarakan pelatihan aplikasi otomasi perkantoran, kususnya program pengolah kata, spreadsheet dan presentasi bagi siswa siswi PKBM Edukasi Jakarta sebagai perwujudan Program Pengabdian Kepada Masyarakat (ABDIMAS) yang merupakan salah satu penunjang Tridharma dari dosen pada peguruan tinggi. Adapun kegiatan pelatihan tersebut kami laksanakan di ruang Laboratorum Komputer Universitas Budi Luhur dan melibatkan mahasiswa sebagai asistensi.

Kami sangat berharap pelatihan aplikasi otomasi perkantoran ini dapat menjadi kontribusi yang bermanfaat untuk peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta didik di PKBM Edukasi Jakarta. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi observasi, wawancara, pemberian materi dan praktikum serta evaluasi dari kegiatan ABDIMAS.

Hasil dari kegiatan  ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan aplikasi otomasi perkantoran: pengolah kata, spreadsheet dan presentasi bagi siswa siswi PKBM Edukasi Jakarta berjalan dengan baik dan terbukti dari hasil evaluasi kegiatan dalam bentuk survey menunjukkan bahwa 61.5% peserta menyatakan bahwa kesesuaian isi materi pelatihan terhadap kebutuhan peserta pelatihan sangat baik, 65.4 % peserta menyatakan bahwa kesesuaian fasilitas pelatihan, baik software ataupun hardware sangat baik, 80.8 % peserta pelatihan menyatakan bahwa kualitas layanan panitia pelatihan sangat baik dan 50% peserta pelatihan menyatakan bahwa penjelasan instruktur baik untuk pelatihan ini.

Foto Bersama Kegiatan PPM
8 Foto Bersama Kegiatan PPM

(Sumber: Blog Irawan)

Comments are closed.