Kolaborasi Dosen FTI dan FEB Melakukan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat bagi Relawan/Potensi SAR dan Rescuer BASARNAS

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 27 Mei 2024 – Tim Peneliti dari Universitas Budi Luhur mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertema “Sosialisasi Pemanfaatan Aplikasi Log Aktivitas Potensi SAR (AplotSARTM) untuk Relawan dan Rescuer BASARNAS” di Swiss-Belhotel Kemayoran, Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Kantor SAR di Indonesia, dengan total sebanyak 52 (lima puluh dua) peserta. Para narasumber dalam kegiatan ini adalah Julaiha Probo Anggraini, S.SI., M.Kom, Dr. Ir. Arief Wibowo, M.Kom, dan Dr. Abdul Haris Achadi, S.H., DESS., yang merupakan akademisi dan peneliti dari Universitas Budi Luhur.

Kegiatan PKM ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi Potensi SAR dalam operasi SAR melalui pengembangan dan pemanfaatan teknologi informasi berupa Aplikasi Log Aktivitas Potensi SAR (AplotSARTM). Aplikasi ini dirancang untuk mengotomatisasi pencatatan dan koordinasi kegiatan relawan atau Potensi SAR, sehingga meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi penyelamatan. AplotSARTM memungkinkan petugas pencarian dan penyelamatan untuk mencatat informasi tentang kegiatan yang dilakukan selama operasi SAR, termasuk lokasi, waktu, dan detail lainnya.

Pada minggu berikutnya, Sabtu, 25 Mei 2024, PKM lanjutan dilakukan dengan memberikan sosialisasi kedua kepada para relawan dan Potensi SAR yang dihadiri oleh lebih dari 75 peserta. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai penggunaan aplikasi AplotSARTM serta memperkuat kemampuan secara teknis para relawan dan Potensi SAR dalam menggunakan aplikasi AplotSARTM.

Dengan aplikasi ini, Potensi SAR dapat memantau dan menganalisis aktivitas mereka secara lebih sistematis, meningkatkan efektivitas operasional, dan respons terhadap situasi darurat. Beberapa fitur utama dari AplotSARTM meliputi, Login untuk input biodata dan profil kompetensi relawan, Check-in dan Check-out berbasisGPS, Input informasi Kolaborator, Pencatatan Peralatan dan Perlengkapan, serta Laporan Kegiatan yang mencakup deskripsi, target, hasil, waktu, dan lokasi.

Kegiatan ini menjadi komitmen Universitas Budi Luhur sebagai bagian dari unsur Pentahelix dalam membantu penanganan Bencana atau Kejadian Membahayakan Manusia (KMM) yang kerap terjadi. Sebagai unsur potensi SAR, UBL berharap dengan adanya aplikasi AplotSARTM, para relawan atau Potensi SAR dapat mencatat dan memonitor aktivitas mereka dengan lebih efisien, sehingga meningkatkan respons terhadap situasi darurat dan mendukung tugas pencarian dan pertolongan.

Comments are closed.