Mewujudkan Desa Berpola Hidup Bersih dan Sehat

Salam Budi Luhur !!

Pada masa PANDEMI seperti ini kebersihan dan kesehatan harus sangat kita jaga apalagi yang terutama yaitu lingkungan kita sendiri, agar kita tidak terkena virus covid-19 maupun penyakit penyakit lain, seperti DBD, Cikungunya, Bahkan bisa saja penyakit kulit. Dengan kita membangun kesadaran kita akan menjaga kebersihan kita pun dapat mengurangi kemungkinan orang orang yang kita sayangi terjangkit oleh penyakit penyakit yang ada. Di sisi lain pada masa PANDEMI ini banyak anak anak yang belajar secara daring (Dalam Jaringan), tetapi banyak sekali warga atau para orang tua yang kurang memahami seperti apa cara menggunakan atau cara belajar yang efektif dalam kegiatan belajar mengajar secara daring sehingga hal tersebut pun membuat anak anak pada daerah kelurahan Jurang Mangu Barat tepatnya RT/RW 007/013 mengalami kesulitan.

Lalu setelah kami perhatikan beberapa fasilitas untuk menjaga kebersihan masih sangat minim, seperti tempat sampah yang ada hanya di titik tertentu bahkan itu adalah milik pribadi, sehingga banyak anak anak yang masih membuang sampah jajan mereka ke sembarang tempat dan akhirnya tempat tempat seperti saluran air, gang kecil, dan beberapa teras warga terdapat sampah sampah yang berserakan. Melihat kondisi tersebut, maka dari itu kami Mahasiswa Universitas Budi Luhur, melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang di laksanakan selama satu bulan dengan tema yaitu “Mewujudkan Desa Berpola Hidup Bersih dan Sehat”. Pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) oleh Kelompok 3 ini, berada dibawah bimbingan Ibu Dewi Kusumaningsih., M.Kom. Program kerja dari kegiatan KKN Kelompok 3 ini memiliki beberapa kegiatan. Program Kerja dari KKN Kelompok 3, yaitu: Penyuluhan tentang menjaga kebersihan dan mengurangi kemungkinan terjangkit DBD, Membuat tempat sampah,  Memberikan tempat sampah untuk di tempatkan di jalan sekitar, dan juga membantu adik adik yang kesulitan dalam kegiatan belajar secara daring.

Dengan adanya kegiatan KKN yang di lakukan oleh Kelompok 3 di Jurang Mangu Barat Tepatnya RT/RW 007/013 kami berharap memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, di antaranya:

  • Masyarakat sadar betapa pentingnya menjaga lingkungan tempat tinggal
  • Masyarakat tahu dan dapat menerapkan beberapa nilai kebudiluhuran yang sempat kami paparkan
  • Menjaga dan mempergunakan dengan baik tempat sampah yang telah kami alokasikan
  • Membuat adik-adik serta orang tua lebih paham bagaimana cara belajar secara daring dengan efektif

Meskipun kami banyak kekurangan dan mungkin kesalahan, semoga kegiatan KKN yang telah kami laksanakan dapat memberikan banyak manfaat bagi warga dan masyarakat pada daerah Jurang Mangu Barat.

 

Comments are closed.