Pemberdayaan Warga Binaan di Rumah Yatim Laskar Langit Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar serta Keahlian dalam Bidang Teknologi Berbasis Komputer

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 08 Januari 2022 – Pelaksanaan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Universitas Budi Luhur Kampus Roxy oleh Kelompok R1 dengan judul kegiatan “ Pemberdayaan Warga Binaan di Rumah Yatim Laskar Langit Sebagai Upaya Meningkatkan Minat Belajar serta Keahlian dalam Bidang Teknologi Berbasis Komputer” yang dilaksanakan di Yayasan Rumah Yatim Laskar Langit yang beralamat di Jl. Rw. Bebek I No.22, RT.7/RW.11, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14440 pada bulan November 2022 – Desember 2022 . Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat belajar anak -anak binaan di Yayasan Rumah Yatim Laskar Langit yang dilakukan berbasis pada nilai-nilai kebudiluhuran yang melekat pada kampus kita. Selain untuk menuntaskan kewajiban mahasiswa dalam mengambil mata kuliah KKN ( Kuliah Kerja Nyata ), pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bukti nyata pengabdian secara langsung dengan mengajak anak – anak binaan melakukan hal-hal positif dan bermanfaat. Harapan kedepannya semoga anak-anak lebih menyukai pembelajaran dalam bentuk apapun.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya kebersihan lingkungan, pengaplikasian Microsoft Office, bimbingan belajar, membuat kerajinan tangan, menanam sayur dari botol bekas, menonton film, senam pagi, mewarnai, games, edukasi mencuci tangan, membuat keripik ubi dan kentang  serta melakukan baksos. Kegiatan awal yang kita lakukan adalah melakukan kebersihan di area Yayasan hal ini bertujuan untuk melatih anak-anak pentingnya menjaga kebersihan lingkungan tinggal kita supaya tidak menjadi sarang nyamuk yang menimbulkan penyakit. Selain kegiatan kebersihkan kita juga mengajari anak-anak untuk belajar Microsoft Office, maksud dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan dasar dari software Microsoft Office Word kepada anak – anak Rumah Yatim Laskar Langit. Tujuannya untuk mensosialisasikan kepada anak – anak Rumah Yatim Laskar Langit bahwa pentingnya software Microsoft Office Word untuk dapat digunakan dan membantu dalam kegiatan belajar dan proses pekerjaan di masa yang akan datang.

 Kegiatan edukasi untuk anak-anak ini kami selingi dengan kegiatan yang menghibur yaitu mewarnai, membuat kerajinan tangan, bermain games dan membagikan hadiah serta snack-snack yang dapat membuat anak-anak tidak merasa bosan untuk menerima materi edukasi yang diberikan. Kegiatan terakhir yang kita lakukan adalah pelaksanaan bakti sosial dengan memberikan sumbangan untuk anak-anak yatim yang ada di Yayasan semoga bantuan yang kita berikan dapat bermanfaat untuk anak-anak yang ada disana. Selanjutnya kami dari kelompok KKN( Kuliah Kerja Nyata ) R1 juga mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Ketua Yayasan Rumah Yatim Laskar Langit Bapak H. Imam Suwito yang telah memberikan ijin serta dukungan kepada kelompok kami untuk melaksanakan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini, serta para guru relawan yang telah membantu kami selama kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) berlangsung. Kami juga tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada Dosen Pembina Lapangan kami, Bapak Windarto, S.Kom, M.Kom yang telah memberikan arahan dari awal hingga akhir kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Kelompok R1.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.