Pelatihan Komputer Pengoperasian Microsoft Excel Tingkat Menengah Dan Lanjutan Untuk Pengembangan Kinerja Pegawai Pada Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan Dan Perikanan (BLU LPMUKP)

Salam Budi Luhur !!

Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan dan Perikanan (LPMUKP) didirikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) untuk dapat meningkatkan akses permodalan masyarakat kelautan dan perikanan. Budaya Kerja yang diterapkan oleh LPMUKP KKP yaitu Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, Integritas. Sejalan dengan budaya kerja tersebut, Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan Dan Perikanan (BLU LPMUKP), terus membekali diri dengan tenaga-tenaga SDM terbaik untuk memberikan dukungan layanan bagi masyarakat kelautan dan perikanan. Guna mendukung produktifitas dan performa layanan yang lebih baik, Pengurus dan Manajemen BLU LPMUKP terus berupaya untuk meningkatkan dan mengembangan pendidikan dan skill bagi para karyawan yang merupakan aset utama dalam pelayanannya.

Beberapa kendala yang dihadapi antara lain kurangnya pengetahuan tentang pengolahan data perhitungan yang baik dan benar, dikarenakan perbedaan latar belakang dari karyawan BLU LPMUKP yang berbeda-beda jurusannya, sehingga tidak adanya keseragaman pengetahuan terutama tentang penggunaan Microsoft Excel. Kendala lain yaitu kurangnya kemampuan para karyawan BLU LPMUKP dalam pengoperasian dengan komputer terutama penggunaan Microsoft Excel untuk pengolahan data, sedangkan kebutuhan pengoperasian dengan komputer tinggi. Hal ini dikarenakan tidak adanya pelatihan komputer untuk pengolahan data yang baik dan benar, terutama penggunaan Microsoft Excel, sehingga selama ini, para karyawan membuat pengolahan data dengan seadanya, karena mereka kurang memahami cara-cara pengolahan data dan penggunaan rumus serta pengoperasian dengan komputer terutama Microsoft Excel dengan baik dan benar.

Maka dibutuhkan pembekalan keterampilan khususnya literasi komputer program Microsoft Excel Tingkat Menengah dan Lanjutan bagi karyawan BLU LPMUKP. Dalam hal ini BLU LPMUKP bekerjasama dengan dosen dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur untuk memberikan materi pembekalan Microsoft Excel. Pelatihan ini terbukti mendukung produktifitas dan performa layanan dalam pengolahan data-data yang dibutuhkan dari para karyawan BLU LPMUKP agar menjadi lebih baik. Dibalik kepentingan para peserta, pihak Universitas Budi Luhur juga mendapatkan nilai yang baik dari masyarakat, terutama dikalangan BLU LPMUKP yang mendapatkan manfaat secara langsung. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terlaksana pada:

  • Tanggal : 11 Oktober 2022 s.d 13 Oktober 2022
  • Waktu  : pukul 09.00 WIB – pukul 15.00 WIB
  • Tempat : LPMUKP, Gedung Mina Bahari II, Jalan Medan Merdeka Timur No. 16, Jakarta Pusat

Tujuan kegiatan ini adalah membantu memberikan pengetahuan tentang pengoperasian komputer terutama penggunaan Microsoft Excel, untuk pengolahan data perhitungan yang baik dan benar, yang dapat membantu mempermudah pembuatan laporan atau perhitungan transaksi kegiatan operasional. Selain itu mengajarkan bagaimana penggunaan Microsoft Excel yang dapat dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan di kantor agar lebih efektif dan efisien, serta mengajarkan bagaimana penggunaan Microsoft Excel untuk menunjang pekerjaan dalam mengambil keputusan dengan berbagai fitur-fiturnya dan fungsi-fungsi di dalam Microsoft Excel. Instruktur dan Assisten Instruktur pada kegiatan pelatihan ini adalah para tenaga ahli yang pakar di bidangnya. Instruktur dan Assisten Instruktur pada kegiatan pelatihan ini yaitu Ferdiansyah, S.Kom., M.T.I., Anita Diana, S.Kom., M.Kom., Reva Ragam Santika, S.Kom.,M.Kom., M.M., Pipin Farida Ariyani, S.Kom., M.T.I., Atik Ariesta, S.Kom.,M.Kom., Titin Fatimah, S.Kom.,M.Kom., dan Wiwin Windihastuty,S.Kom.,M.Kom.

Pada pelatihan ini, akan dilakukan 2 tahapan yaitu Placement Test, dan Pelaksanaan berupa Tutorial dan praktek.

  1. Placement test, untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pengetahuan peserta sebelum mengikuti pelatihan. Hasil dari Placement tes ini akan menentukan level pelatihan peserta.
  2. Tutorial dan Praktek, pelatihan ini akan memfokuskan pada implementasi langsung dari materi yang diberikan, dengan harapan peserta akan lebih memahami pelatihan ini.

Susunan acara pada kegiatan Pelatihan Microsoft Excel

  • Agenda Kegiatan:
    • Penyampaian materi Sesi 1 = pk 09.00 WIB – 12.00 WIB
    • Istirahat, sholat, makan siang = pk 12.00 WIB – 13.00 WIB
    • Penyampaian materi Sesi 2 = pk 13.00 WIB – 15.00 WIB
  • Materi Kegiatan:
    • Rabu 5 Oktober 2022 = Placement Test
    • Selasa 11 Oktober 2022 = Pelatihan Microsoft Excel tingkat Advanced
    • Rabu 12 Oktober 2022 = Pelatihan Microsoft Excel tingkat Intermediate (Grup 1)
    • Kamis 13 Oktober 2022 = Pelatihan Microsoft Excel tingkat Intermediate (Grup 2)

Kegiatan ini diawali dengan Placement Tes yang dilakukan pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022, sebanyak 77 peserta mengikuti Placement Test. Placement test ini bertujuan agar mengetahui sejauh mana kemampuan pengetahuan peserta sebelum mengikuti pelatihan. Hasil dari Placement tes ini akan menentukan level pelatihan peserta. Berikut adalah daftar nama peserta yang mengikuti Placement Test. Kemudian, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan komputer yang dilaksanakan pada hari Selasa, Rabu, Kamis tanggal 11, 12 dan 13 Oktober 2022. Untuk kegiatan pelatihan pada kali ini, total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 50 orang. Peserta adalah pegawai di lingkungan LPMUKP. Peserta terbagi menjadi 3 kelompok level pelatihan, yaitu 6 orang pada level Advance (Lanjutan), 44 orang pada level Intermediate (Menengah).

Kegiatan Pelatihan Komputer Microsoft Excel Untuk Pengembangan Kinerja Pegawai di Lingkungan Badan Layanan Umum Lembaga Pengelola Modal Usaha Kelautan Dan  erikanan (BLU LPMUKP) ini diawali dengan diadakannya Placement Test bagi 82 calon peserta, pada hari Rabu tanggal 5 Oktober 2022. Sebanyak 77 peserta mengikuti Placement Test. Placement Test ini berguna untuk mengetahui sejauh mana kemampuan pengetahuan peserta sebelum mengikuti pelatihan. Hasil dari Placement tes ini akan menentukan level pelatihan peserta pelatihan. Peserta mengerjakan 3 jenis soal Placement Tes yang telah disiapkan instruktur untuk mengetahui kemampuan Microsoft Excel dari peserta, apakah peserta masuk di level Basic/Dasar, Intermediate/Menengah, atau Advance/Lanjut. Hasil dari penilaian Placement Tes ini adalah sebanyak 12 orang direkomendasikan ke level Basic/Dasar, sebanyak 58 orang direkomendasikan ke level Intermediate/Menengah, dan sebanyak 5 orang direkomendasikan ke level Advance/Lanjut. Daftar hadir, foto kegiatan Placement Tes dan Hasil Placement Tes dapat dilihat pada Lampiran.

Berdasarkan hasil penilaian Placement Tes yang telah dilakukan, maka rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan komputer Microsoft Excel level Intermediate/Menengah dan Advance/Lanjut. Kegiatan pelatihan dimulai pada tanggal 11 Oktober 2022 sampai 13 Oktober 2022. Untuk kegiatan pelatihan pada kali ini, total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 50 orang. Peserta adalah pegawai di lingkungan LPMUKP Kementerian Kelautan dan Perikanan. Peserta terbagi menjadi 3 kelompok level pelatihan, yaitu 6 orang pada level Advance, 44 orang pada level Intermediate. Kegiatan pelatihan pertama adalah pelatihan Microsoft Excel tingkat Advance/Lanjut pada tanggal 11 Oktober 2022 dengan instruktur Bapak Ferdiansyah,S.Kom.,M.T.I.. Dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan kedua yaitu Microsoft Excel tingkat Intermediate/Menengah grup 1, pada tanggal 12 Oktober 2022 dengan instruktur Ibu Anita Diana,S.Kom.,M.Kom. dibantu dengan asisten instruktur Ibu Reva Ragam Santika, S.Kom.,M.Kom., M.M. dan Ibu Pipin Farida Ariyani, S.Kom., M.T.I. Pada hari ketiga dilaksanakan kegiatan pelatihan ketiga yaitu Microsoft Excel tingkat Intermediate/Menengah grup 2, pada tanggal 13 Oktober 2022 dengan instruktur Ibu Atik Ariesta, S.Kom.,M.Kom. dibantu dengan asisten instruktur Ibu Pipin Farida Ariyani, S.Kom., M.T.I., Ibu Titin Fatimah, S.Kom.,M.Kom., dan Ibu Wiwin Windihastuty,S.Kom.,M.Kom. Sepanjang pelaksanaan kegiatan pelatihan, peserta antusias dan semangat mengikuti pelatihan. Hal ini terbukti dari pertanyaan yang diajukan agar dapat menyelesaikan pekerjaannya, menunjukkan keaktifan peserta mengikuti pelatihan. Kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar tidak terlepas dari adanya faktor yang mendukung berjalannya kegiatan ini. Faktor pendukung tercapainya hasil yang baik terhadap pelatihan ini tidak terlepas dari dukungan fasilitas dan dukungan yang besar dari BLU LPMUKP, kepedulian setiap peserta dan yang lebih penting adalah keingintahuan para peserta terhadap materi yang disampaikan. Hasil yang baik, tidak terlepas dari antusiasme dan kesungguhan peserta dalam mengikuti pelatihan terlihat dari pertanyaan–pertanyaan para peserta pada setiap materi pelatihan, serta dukungan yang sangat baik dari pengurus BLU LPMUKP terhadap kelancaran pelatihan yang dilaksanakan. Hasil yang didapatkan dari pelatihan ini, antara lain:

  1. Membantu peserta dalam menyelesaikan tugas kesehariannya di kantor dengan memanfaatkan berbagai fitur dan rumus yang ada di Microsoft Excel, agar lebih efektif dan efisien.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam penggunaan Microsoft Excel dengan memanfaatkan berbagai fitur dan rumus yang ada, untuk menunjang pekerjaan.
  3. Melatih peserta dalam fungsi-fungsi lanjutan Excel, sehingga mereka dapat menyajikan informasi mereka dengan lebih baik.
  4. Melatih peserta dalam fungsi-fungsi dan fitur-fitur Excel, untuk perancangan laporan keuangan berupa angka dengan fasilitas rumus perhitungan yang lengkap.
  5. Melatih peserta dengan soal–soal tugas yang bervariatif pada setiap materi yang disampaikan.

Pada akhir kegiatan pelatihan, peserta diminta mengisi kuesioner umpan balik / feedback untuk memberikan respon terhadap pelatihan ini. Kuesioner umpan balik/feedback diberikan lewat google form dengan link: https://bit.ly/feedbackexcellpmukp2022. Hasil dari umpan balik tersebut adalah sebanyak 46,6% menyatakan sangat setuju dengan kegiatan pelatihan ini, dan sebanyak 44% menyatakan Setuju dengan kegiatan pelatihan ini. Hasil umpan balik peserta dapat dilihat pada tabel dan grafik berikut:

Setelah diadakannya kegiatan pelatihan komputer Microsoft Excel yang telah disusun dengan baik, rapih dan terjadwal serta feedback yang sangat baik dari peserta, maka dapat disimpulkan bahwa peserta sangat setuju dengan adanya pelatihan ini, materi pelatihan sesuai dengan kebutuhan peserta, serta materi pelatihan dapat diterima dan diterapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari kemampuan para peserta pada saat mengikuti sesi pelatihan, dan juga tercermin dari hasil latihan dari soal-soal langsung pada Microsoft Excel yang diberikan pada setiap materi pelatihan. Peserta dapat menyelesaikan soal-soal dalam Microsoft Excel dengan baik. Respon dari peserta tidak hanya kepuasan saja, para peserta juga sangat menyukai pelatihan seperti ini dan beberapa mengusulkan dengan materi lainnya yang dapat langsung diterapkan pada pekerjaan mereka sehari-hari.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.