Modelling 3D Basic Blender Untuk Siswa/i MAN 10 Jakarta Barat Dalam Meningkatkan Kompetensi Di Bidang Desain 3D

Salam Budi Luhur!!

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan kita saat ini untuk dapat membuat suatu hal menjadi terlihat lebih nyata. Kemunculan teknologi 3D memungkinkan suatu objek dapat dilihat dari berbagai arah, salah satu software yang dapat mengolah objek 3D adalah Blender. Suatu software open source yang mampu membuat objek 3D, animasi, dan juga pembuatan game logic dengan berbagai kemampuan yang tidak kalah dengan sofware komersil. Akan tetapi banyak nya muncul software Open Source dalam membuat objek 3D, tidak diimbangi dengan penguasaan akan software tersebut, padahal dengan perkembangan teknologi yang dewasa ini, permintaan industri akan kebutuhan tenaga kerja dengan kemampuan kompetensi dalam lingkup desain 3D juga semakin meningkat. Saat ini banyak industri yang menggunakan desain 3D untuk berbagai hal seperti promosi atau marketing pengenalan produk ke masyarakat, media belajar bagi sekolah bahkan pembuatan interface untuk game atau animasi.  

Oleh karena itu dalam rangka  untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan siswa  dalam bidang 3D desain terutama dalam pembuatan objek 3D dengan software Blender untuk bekal para siswa dalam dunia kerja, maka dalam hal ini Sekolah Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta Barat bekerjasama dengan dosen dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur untuk memberikan materi pembekalan Pengenalan dan peningkatan kompetensi dalam modelling Desain 3D dengan menggunakan Software Blender.  Pelatihan ini berguna untuk mengenalkan fitur – fitur yang ada dalam software Blender sekaligus meningkatkan kompetensi siswa dalam membuat objek 3D sehingga dapat menjadi bekal bagi siswa dalam dunia kerja maupun melanjutkan studi di bidang desain atau animasi. Berdasarkan inilah Dosen Universitas Budi Luhur dari Fakultas Teknologi Infomasi merasa terpanggil untuk mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara luring bagi  Siswa/i dari Madrasah Aliyah Negeri 10 Jakarta Barat untuk datang berkunjung ke Universitas Budi Luhur pada  Selasa (25/10/22), silam. Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan Tridharma, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tim kegiatan PM ini terdiri dari tiga orang dosen pelaksana yaitu Reva Ragam Santika, M.M., M.Kom, Ratna Ujiandari, M.M., M.Kom serta Ari Saputro, M.Kom, Kegiatan pengabdian masyarakat bertujuan memberikan pelatihan dengan menerapkan metode Drill tentang pengenalan fitur – fitur yang lengkap yang di miliki oleh Blender dalam menunjang pembuatan Desain sehingga siswa mengetahui bagaimana cara membuat desain 3D dengan menggunakan Software Open Source Blender yang dapat mengunggah minat, semangat serta motivasi siswa dalam desain 3D, dalam pelatihan ini siswa memperoleh modul yang memungkinkan  siswa untuk belajar sendiri tanpa bantuan guru, sehingga siswa dapat mengembangkan potensi dan kompetensi nya sebagai bekal dalam menghadapi tantangan dunia kerja maupun untuk melanjutkan studi di bidang desain 3D

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.