Peningkatan Pengetahuan Melalui Literasi Media Bagi Masyarakat Di RW 02 Petukangan Utara

Salam Budi Luhur !!

Pada tanggal 26 Mei 2022 Mahasiswa Universitas Budi Luhur kelompok KKN L9 melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata yang berlokasi di RW.002 Petukangan Utara. Kelompok KKN ini beranggotakan 10 Mahasiswa dan 1 Dosen Pembibing Lapangan, dipilihnya lokasi kegiatan KKN yang dekat dengan lokasi Kampus dikarenakan kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiwa kelas eksekutif yang mana semua anggotanya sudah bekerja, meski demikian hal itu tidak menghalangi  kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Kelompok L9 KKN Universitas Budi Luhur, dibawah bimbingan Dosen Ibu Dewi Kusumaningsih, S.Kom., M.Kom. selaku Dosen Pembimbing Lapangan, mengambil Tema dengan judul “Peningkatan Pengetahuan Melalui Literasi Media Bagi Masyarakat Di Rw 02 Petukangan Utara” Kegiatan KKN ini berlangsung selama 1 bulan mulai dari tanggal 26 Mei 2022 sampai dengan tanggal 26 Juni 2022 dengan kegiatan Mahasiswa yang dilakukan pada hari libur yakni sabtu atau minggu. Walaupun Kegiatan KKN  dilakukan sangat terbatas, kelompok KKN L9 sudah melakukan observasi dengan survei langsung untuk menentukan program yang ingin dijalankan, Kelompok L9 sudah bertemu dengan Ketua RW.002 dan beberapa warga diwilayah tersebut.

Program kerja yang kami buat itu berbeda setiap pertemuannya, diminggu pertama pelaksanaan kegiatan KKN kami melakukan kegiatan Bakti Sosial Kebersihan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini adaah untuk membuat lingkungan lebih indah dan sehat, serta meninggkatkan kenyamanan selama melakukan kegiatan KKN di lingkungan RW.002 Petukangan Utara. Di minggu kedua kami melakukan kegiatan Sosialisasi & Literasi Tentang Kesehatan Kulit. Menyadari kurangnya edukasi warga terhadap bahaya penggunaan skincare dan makeup yang tidak aman, tidak teregistrasi serta dapat membahayakan kulit dimasa mendatang. Selain mengedukasi warga kami juga memberikan tips bagaimana cara menggunakan makeup dengan benar untuk para Ibu-Ibu.

Di minggu ketiga kami melakukan Pelaksanaan Pemilihan Kegiatan RT.08, kegiatan berlangsung dengan lancar dan kami berkesempatan untuk bertemu dan berkenalan dengan Ketua RT.08 yang baru dan juga dengan Bapak Lurah Petukangan Utara. Di minggu keempat kami melakukan kegiatan Senam Sehat Bersama Ibu-Ibu Warga RW.02. kami mengadakan senam untuk 50 Ibu-Ibu namun ternyata antusias dari warga sangat besar sehingga acara senam ini diadiri oleh 120 warga, kamipun tak lupa mengundang 2 instruktur senam dan melakukan acara Doorprize diakhir kegiatan yang membuat acara semakin meriah. Di minggu ke lima kami melakukan kegiatan Lomba Mewarnai Anak-Anak usia 4-7 tahun sekaligus melakukan Penutupan Kegiatan KKN kelompok L9. Tak mau kalah dengan ibu-ibu, anak anak mereka pun dengan sangat antusias mendaftaran diri untuk kegiatan lomba mewarnai, untuk mengapresiasi para anak anak yang sudah bergabung, kami menyiapkan Susu dan Snack kesukaan anak anak. Dan diakhir acara kami mendapat 3 juara untuk anak usia 4-5 tahun dan 3 juara untuk anak usia 6-7 tahun.

Setelah melakukan kegiatan lomba yang berakhir saat tengah hari, pukul 13.30 kami melakukan Penutupan kegiatan KKN Kelompok L9 yang di hadiri oleh Ketua RW.002 serta perwakilan warga yang lain, selain itu juga dihadiri oleh Dosen Pembimbing kami, Ibu Dewi Kusumaningsih. Dari paparan yang disampaikan oleh Ketua RW.002 kelompok L9 telah sangat baik melakukan kegiatan ditempat mereka dan mendapat feedback yang sangat baik dari warga sekitar, hal tersebut tentunya menjadi kepuasan sendiri untuk para anggota kelompok L9 setelah kerja keras yang dilakukan selama 1 bulan ini ternyata diapresiasi oleh warga sekitar. Sebagai penutup, diadakan kegiatan pemotongan tumpeng dan juga pemberian hadiah kenang-kenangan dari Kelompok L9 kepada warga RW.002 dan juga Dosen Pembimbing Lapangan kami Ibu Dewi Kusumaningsih S.Kom., M.Kom. Untuk detail kegiatan KKN Kelompok L9 bisa diakses melalui akun Instagram KKN L9 yaitu @kkn.l9.ubl

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.