Implementasi Pompa Hidram Sebagai Irigasi Pertanian Ramah Lingkungan di Bunder Lab Desa Gunung Bunder Pamijahan Bogor

Salam Budi Luhur !!

Bogor, 14 Juli 2022 – Tim Dosen Universitas Budi Luhur yang terdiri dari ketua tim Bpk Yani Prabowo (FTI), Peby Wahyu Purnawan (FT), dibersamai dengan Suwasti Broto (FT) selaku perwakilan dari Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Budi Luhur melakukan implementasi pompa hidram untuk sumber irigasi ramah lingkungan pada lahan pertanian tanaman padi di Bunder Lab Desa Gunung Bunder Pamijahan Bogor sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat.

Pompa hidram merupakan salah satu pompa air yang hemat energi dan ramah lingkungan. Pompa hidram merupakan teknologi tepat guna dalam bidang pemompaan dengan menggunakan tenaga momentum air (water hammer) untuk menaikkan air yang dipompa, sehingga pompa hidram salah satu pompa air yang tidak menggunakan BBM dan listrik.

Untuk menggerakan pompa hidram menggunakan tenaga tekanan air dari sumber air,yang meluncur ke bawah lewat pipa menuju pompa hidram dengan kekuatan air yang bertekanan mampu menggerakan pompa hidram, sehingga air akan dapat naik dari tempat yang rendah menuju tempat yang tinggi. Dalam kegiatan ini telah berhasil dilakukan instalasi pompa hidram dan aliran airnya telah dapat digunakan untuk mengairi tanaman padi di Bunder Lab.

Sumber : https://ft.budiluhur.ac.id/2022/07/kegiatan-pengabdian-kepada-masyarakat-implementasi-pompa-hidram-sebagai-irigasi-pertanian-ramah-lingkungan-di-bunder-lab-desa-gunung-bunder-pamijahan-bogor/

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.