Pengenalan Cara Berbisnis Online Dalam Upaya Menumbuhkan Minat Berwirausaha Bagi Siswa/Siswi SMA Katolik Ricci 2 Pondok Aren

Salam Budi Luhur !!

Kegiatan pengabdian pada masyarakat berupa pelatihan pembuatan dan pengelolaan blog untuk mengasah kompetensi dan kreativitas siswa/siswi pada SMA Katolik Ricci 2 Pondok Aren yang dilaksanakan pada Rabu, 15 Juni 2022 pada pukul 12.00 sampai dengan 14.00 WIB dan bertempat di Ruang Auditorium SMA Katolik Ricci 2 yang diikuti oleh 36 (tiga puluh enam) orang peserta. Sebelum penyampaian materi pelatihan, acara dibuka oleh Bapak Feby Lukito Wibowo, S.Si., M.M, selaku perwakilan dari Universitas Budi Luhur. Dalam sambutannya, Bapak Feby Lukito Wibowo S.Si, M.M berharap dengan adanya pelatihan tersebut dihadapkan dapat mendorong kompetensi dan kreativitas siswa/siswi pada SMA Katolik Ricci 2 sehingga mampu mengikuti kompetisi berbasis TI di kawasan regional maupun nasional. Selanjutnya adalah penyampaian materi utama oleh Bapak Lis Suryadi, M.Kom. Materi dasar yang disampaikan adalah berupa penjelasan mengenai istilah bisnis online, internet dan marketplace. Kemudian dilanjutkan dengan bercerita mengenai pengalaman beliau membangun bisnis jualan ikan gabus melalui marketplace Tokopedia, mulai dari profil toko online, kategori produk yang dijual, strategi pemasaran dan promosi, serta omzet pendapatan yang diterima per hari, per minggu dan perbulan. Beliau juga menjelaskan hambatan dan tantangan selama membangun bisnis online tersebut.

Selanjutnya adalah penyampaian materi kedua oleh Bapak Agus Umar Hamdani, M.Kom. Pada materi kedua ini, beliau menjelaskan secara teknis mengenai cara membangun toko online menggunakan tools Content Management System (CMS). Juga dijelaskan mengenai beberapa contoh aplikasi toko online yang dibangun menggunakan tools tersebut. Selain itu, beliau juga memberikan bimbingan teknis kepada seorang peserta tentang bagaimana membuat toko online melalui marketplace Tokopedia. Peserta tersebut diminta untuk membuat akun toko online berdasarkan produk yang akan ia dijual.

Di akhir sesi acara, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan para pembicara, foto bersama dan pembagian cenderamata oleh Bapak Feby Lukita Wibowo, S.Si., M.M kepada perwakilan pihak Sekolah SMA Katolik Ricci 2 Pondok Aren. Adapun kesimpulan yang bisa ditarik dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMA Katolik Ricci 2 Pondok Aren sebagai berikut :

  • Dengan adanya pelatihan pengenalan berbisnis secara online tersebut, maka peserta pelatihan dapat mengerti dan memahami tata cara pembuatan akun toko online melalui marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Buka Lapak, dll.
  • Dengan adanya pelatihan tersebut, maka peserta pelatihan dapat mengetahui bagaimana cara mengelola website dengan baik, seperti mengatur isi blog/website, mengatur tampilan blog/website, mengatur tampilan menu, membuat katalog produk, membuat fitur pemasaran, dsb.
  • Dengan adanya pelatihan tersebut, maka peserta pelatihan juga dapat menumbuhkembangkan inovasi dan jiwa kewirausahaan dengan memasang produk-produk yang laku dijual ke masyarakat menggunakan perangkat teknologi informasi, seperti : Twitter, Facebook, Istagram, dll.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.