Kolaborasi Dosen FTI Dan FKDK Univ. Budi Luhur Dalam Pelatihan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Bagi Siswa/i SD Islam Al-Azhar Syuhada Dengan Mengadopsi Metode Computational Thinking

Salam Budi Luhur!!

Kemampuan berpikir kritis adalah salah satu keterampilan yang sangat esensial dalam tahapan pendidikan dan juga dalam kehidupan. Berpikir kritis adalah kemampuan kognitif yang penting untuk dikembangkan dan dimiliki oleh siswa, dalam menyelesaikan suatu pemasalahan maka dibutuhkan data dan fakta yang akurat sebagai dasar dalam mengambil keputusan yang tepat, agar dapat mengambil sebuah keputusan yang tepat maka diperlukan pola berpikir kritis. Salah satu pendekatan dalam meningkatkan potensi siswa dalam berpikir kritis adalah melalui proses pembelajaran dengan mengadopsi metode  Computational Thinking(CT), metode ini popular beberapa tahun terakhir yang merupakan dasar dalam kemampuan  berbagai tingkatan ilmu dalam masyarakat digital. Akan tetapi dalam kenyataan kemampuan berpikir kritis pada siswa masih sangat rendah karena model pembelajaran yang bersifat monoton yang menjemukan dan kurang nya motivasi dalam belajar yang menyebabkan siswa enggan untuk menyampaikan pendapat nya, sehingga peserta didik tidak terlatih untuk berpikir secara kritis

Berdasarkan inilah Dosen Universitas Budi Luhur dari Fakultas Teknologi Infomasi prodi Teknik Informatika berkolaborasi dengan Dosen dari Fakultas Komunikasi dan Desain Kreatif merasa terpanggil untuk mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara daring melalui aplikasi zoom bagi  Siswa/i dari Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Syuhada yang berlokasi di Jl. Raya Jagakarsa No.38, RT.9/RW.5, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620, Selasa(29/03/22), silam. Tim kegiatan PM ini terdiri dari dua orang dosen pelaksana yaitu Reva Ragam Santika, M.M., M.Kom, dan Jeanie Annisa, S.IP., M.Si, Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pelatihan tentang bagaimana meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam belajar dengan mengadopsi metode Computational Thinking bagi siswa-siswi kelas IV Sekolah Dasar Islam Al-azhar Syuhada, Jakarta. Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan Tridharma, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk mengenalkan siswa/I agar dapat Berpikir komputasional yang merupakan salah satu keahlian yang diperlukan dalam masyarakat industri modern saat ini. Karena dengan penerapan Computational Thinking dapat membentuk kemampuan dalam cara berpikir yang kritis, logis dan struktur serta meningkatkan kemampuan problem solving.

Terdapat 4 komponen yang merupakan landasan utama dari computational thinking yaitu dekomposisi, abstraksi, pengenalan pola dan algoritma, yang sangat baik jika mulai diperkenalkan mulai dari jenjang Pendidikan sekolah dasar, sesuai dengan salah satu kebijakan Mendikbud Nadiem Makarim dalam kurikulum merdeka agar siswa terbiasa untuk berpikir secara kritis dengan menerapkan metode Computational Thinking sehingga mampu berpikir secara efektif dan efisien dalam menyelesaikan masalah baik dalam proses Pendidikan maupun dalam berbagai bidang profesi dimasa mendatang.
Pelatihan yang dilaksanakan secara daring (online) diawali dengan adanya pembukaan dari kedua pihak sebagai sambutan dan pengantar. Sambutan dari pihak Sekolah Dasar Islam Al-Azhar Syuhada disampaikan oleh : Ibu Endang Sugiharti, S.Pd selaku Guru Pengajar Kelas IV, dan sambutan dari pihak instruktur disampaikan oleh Ibu Jeanie Annisa, S.IP., M.Si. mewakili pihak Univ. Budi Luhur. Adapun acara langsung diisi dengan materi yang dibawakan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.M., M.Kom,  yang memperkenalkan tentang penerapan Computational Thinking dalam proses pembelajaran dan kehidupan sehari-hari , untuk mendukung tujuan tersebut tim PKM menciptakan modul yang disertai dengan contoh – contoh penerapan Computational Thinking baik dalam menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari- hari maupun dalam penerapan di berbagai mata pelajaran sehingga siswa dapat memahami penggunaan Computational Thinking dengan baik dan mampu untuk berpikir kritis baik dalam kegiatan pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari – hari.

Sumber: https://blog.kejarcita.id/computational-thinking-karakteristik-manfaat-dan-penerapannya/

Tamara, Tania. 2017. Pengaruh Penerapan Metode Think-Pair-Share And Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.