Pelatihan Pemanfaatan Market Place Untuk Menunjang Pemasaran Produk UMKM Di Kampung Marga Jaya Pakulonan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan Dimasa Adaptasi Kebiasan Baru

Salam Budi Luhur !!

Belum berakhirnya masa pandemi membuat para Pelaku Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) haarus bisa beradaptasi dengan hadirnya teknologi baru. Namun, masih banyak pelaku UMKM yang belum melek dengan teknologi. Untuk mendorong para pelaku UMKM melek teknologi, Universeitas Budi Luhur melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Market Place Untuk Menunjang Pemasaran Produk Umkm Di Kampung Marga Jaya Pakulonan Serpong Utara Kota Tangerang Selatan Dimasa Adaptasi Kebiasan Baru. Tim pelaksana kegiatan PPM adalah dosen Fakultas Teknologi Informasi, yaitu Bapak Devit Setiono, M.kom., Bapak Ahmad Pudoli, M.Kom.Bapak Dr. Jan Everhard, MT, Ibu Dr. Rusdah, M.Kom., Bapak Dr. M. Syafrullah, M.Kom., M.Sc., Bapak Purwanto, S.Si., M.Kom., Ibu Dewi Kusumaningsih, M.Kom., dan Ibu Yulianawati, M.Kom., serta 2 rekan mahasiswa bernama Erika dan Misbahul sebagai asistensi pelatihan.

Pada kegiatan kali ini, para peserta yang terdiri dari para pelaku UMKM dikenalkan dengan perkembangan teknologi saat ini, termasuk munculnya beberapa market place atau platform untuk mendukung pemasaran produk UMKM. Setelah dipaparkan macam-macam market place narasumber melanjutkan materi bagaimana cara membuka toko pada Shopee dan GrabFood. Shopee sebagai contoh, merupakan salah satu market place yang banyak diminati karena selain banyak menawarkan diskon dan juga memberikan banyak gratis ongkos kirim. Selai itu, Shoppe menawarkan banyak games yang membuat pengguna semakin nyaman akan hiburan tersebut. Kegiatan diawali dengan bagaimana cara membuat toko, melengkapi isian data dan membuat banner toko secara sederhana. Kegaiatan selanjutnya adalah bagaimana membuka usaha di Grabfood yang mana menjadi pilihan banyak orang dalam memesan makanan, terlebih di masa pandemi seperti ini.

Dengan hadirnya beberapa teknologi terbaru, harapan dari kegiatan ini adalah para peserta lebih tahu tentang bagaimana cara memasarkan produk-produk jualanya, dan bagaimana membuat tampilan atau packagging yang lebih menarik sehingga diharapkan ada kenaikan omset yang signifikan. Besar harapan kami, proses kerja sama dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) tidak hanya sampai disini namun dapat berlanju.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.