Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menciptakan Lingkungan yang Bersih, Sehat, Berpotensi, Serta Berteknologi di Lingkungan 05/06 Cipadu Jaya

Salam Budi Luhur !!

Kuliah Kerja Nyata Kelompok K6 dilaksanakan langsung di kelurahan Cipadu Jaya dengan tujuan meningkatkan minat warga sekitar terhadap lingkungan. Maka dari itu kami beserta warga mengadakan gotong royong untuk membersihkan dan merapihkan lingkungan sekitar, hal tersebut bertujuan agar lingkungan di daerah Cipadu Jaya lebih terlihat bersih dan asri. Kelompok KKN 06 mengusung tema “Meningkatkan Pemberdayaan Masyarakat Dalam Menciptakan Lingkungan yang Bersih, Sehat, Berpotensi, Serta Berteknologi di Lingkungan 05/06 Cipadu Jaya”. Alasan kami mengusung tema tersebut karena kami ingin warga sekitar lebih peduli terhadap lingkungan sekitar agar menjadi lingkungan yang nyaman dan bersih. Selain itu, kami juga mengecat ulang lapangan & pos di area sekitar RT 05/06. Kegiatan KKN dilaksanakan sebanyak 5 kali kunjungan dalam kurun waktu satu bulan dari bulan Desember – Januari, tepatnya pada tanggal 3, 12, 17, dan 26 & 7 Januari 2022. Kelompok KKN 06 terdiri dari 10 orang dengan Dosen Pembimbing Dewi Kusumaningsih, S.Kom., M.Kom.

Kelompok KKN 06 memiliki beberapa kegiatan KKN yang dilakukan di Kelurahan Cipadu Jaya seperti Kegiatan Kerja Bakti. Kegiatan Kerja Bakti dimulai dari membersihkan lingkungan sekitar RT 05/06 dari sampah dan tanaman – tanaman liar, kami juga memotong tumbuh tumbuhan yang ada disekitar lapangan dan mengecat ulang lapangan agar terlihat lebih asri. Selain melakukan Kerja Bakti, Kami juga melakukan KWT dan Biopori di Kelurahann Cipadu Jaya. KWT dimulai dari membeli bibit sayuran yang ingin ditanam di lahan sekitar, lalu kami dibantu warga sekitar untuk menanam bibit tersebut agar nanti nya bisa tumbuh dan dipanen oleh warga. Sedangkan untuk Biopori, kami mencari lahan yang tepat untuk nanti nya dilubangi agar mampu meningkatkan daya resap air hujan ke dalam tanah sehingga mampu mengurangi resika banjir di area sekitar.

Pada hari terakhir kegiatan KKN kelompok kami mengundang anak-anak Kelurahan Cipadu Jaya untuk kemudian mengadakan lomba mewarnai. Lomba mewarnai dihadiri oleh kurang lebih 31 Anak-anak yang sangat bersemangat dan tertarik mengikuti lomba tersebut. Kami memberikan hadiah dan bungusan snacks sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak yang sudah berani untuk mengikuti kegiatan lomba mewarnai menuangkan hobi mereka bersama kami Kelompok 06 KKN Universitas Budi Luhur.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.