Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelatihan Teknologi Pengajaran Interaktif Quizizz Bagi Pendidik SD Yadika 1 Jakarta

Salam Budi Luhur !!

Jakarta 31 Januari 2022 – Universitas Budi Luhur (UBL) sebagai salah satu perguruan tinggi dalam menjalani kewajiban tiap semester, diwajibkan menjalani 3 kegiatan utama (tridharma) perguruan tinggi. Salah satu dharma yang berhubungan langsung dengan peningkatan kemampuan dan pengetahuan masyarakat yaitu pengabdian kepada masyarakat (PKM). Pada prosesnya, dibutuhkan mitra kerjasama untuk menjalankan dharma ini.

SD Yadika 1 Jakarta menjadi salah satu mitra pelaksanaan PKM UBL, memiliki komitmen dalam menyelenggarakan pendidikan di Indonesia sesuai dengan amanat pembukaan UUD 1945 alenia ke 4 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui visinya yaitu : “Menjadikan SD Yadika 1 unggul dalam prestasi, berdisiplin tinggi dan religius”, sekolah ini senantiasa berusaha meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menyelenggarakan program-program unggulan serta menjalin kerjasama dengan mitra dengan prinsip kesetaraan dan membawa manfaat bagi semua pihak guna menghasilkan lulusan yang berprestasi unggul, memiliki disiplin serta religius.

Pada kondisi pandemi, pelaksanaan pembelajaran untuk siswa sekolah silih berganti antara tatap muka langsung dan pembelajaran jarak jauh. Melaksanakan pendidikan jarak jauh merupakan memberikan tantangan lebih bagi tenaga pengajar. Tenaga pendidik dituntut untuk meningkatkan kompetensi dan literasi digital agar dapat melaksanakan proses belajar mengajar yang lebih efektif. SD Yadika 1 adalah salah satu sekolah yang memberikan layanan pendidikan dasar bagi masyarakat. Sekolah ini memiliki program untuk meningkatkan kualitas kompetensi tenaga pendidik secara berkesinambungan. Bertepatan program pengabdian masyarakat pendidikan tinggi yang bertujuan untuk menyebarluaskan pemanfaatan keilmuan secara praktis di masyarakat, maka kegiatan pelatihan ini dilaksanakan.

Kamis, 27 Januari 2022 telah dilaksanakan pelatihan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom Meeting mengangkat tema “Pelatihan Teknologi Pengajaran Interaktif Quizizz Bagi Pendidik SD Yadika 1 Jakarta”, melibatkan 26 peserta yaitu para guru/pendidik di lingkungan SD Yadika 1 yang kesemuanya mengikuti pelatihan secara daring ini berada di Ruang Lab. Komputer SD Yadika 1. Tim pelaksana PKM sebagai instruktur pelatihan dari dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur yaitu Joko Christian Chandra, S.Kom., M.Kom., Irawan, S.Kom., M.Kom. dan Hendri Irawan, S.Kom., M.T.I.

Tema pelatihan Quizizz dipilih berdasarkan pertimbangan bahwa layanan ini dapat dimanfaatkan baik pada Pertemuan Tatap Muka (PTM) maupun pada sesi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Target dari pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi tenaga pendidik untuk memahami, mengoperasi, dan memanfaatkan layanan Quizizz dalam proses belajar mengajar. Kondisi pandemi yang belum mereda meningkatkan resiko pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Sejak diizinkan pelaksanaan PTM, sudah beberapa sekolah kembali melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), dikarenakan kasus Covid-19. Para pendidik dihadapkan pada pola pembelajaran hybrid yang menuntut PTM dan PJJ secara bergantian, atau PTM terbatas. Para pendidik memerlukan sebuah layanan pembelajaran berbasis digital yang dapat digunakan baik pada PTM maupun PJJ agar proses belajar mengajar lebih berkualitas.

Ada banyak jenis aplikasi yang dapat digunakan, salah satu kategori yang baik adalah pembelajaran interaktif. Tersedia banyak pilihan aplikasi untuk kategori ini, salah satunya yang bagus untuk dimanfaatkan adalah aplikasi Quizizz. Quizizz dapat memberikan kelebihan-kelebihan tersendiri baik bagi siswa maupun bagi guru itu sendiri. Quizizz dapat melaksanakan evaluasi pembelajaran setiap hari dari rumah. Bisa juga dimanfaatkan untuk media pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) dari rumah. Serta dapat pula dimanfaatkan untuk melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS) dari Rumah. Sayangnya, para pendidik pada mitra belum memiliki pengetahuan yang memadai untuk memanfaatkan layanan Quizizz. Sebagian bahkan belum mengenal layanan tersebut.

Materi yang diberikan berdasarkan hasil permintaan dari mitra serta diskusi antara tim pelaksana dari Universitas Budi Luhur yaitu:

  1. Pengantar dan pengenalan antar muka aplikasi Quizizz.
  2. Pembuatan dan import soal via data spreadsheet.
  3. Pemanfaatan Quizizz untuk memberikan kuis online interaktif dan penugasan.
  4. Pemanfaatan Quizizz untuk memberikan materi pembelajaran interaktif.
  5. Fitur tambahan Quizizz seperti koleksi dan meme.

Untuk mengukur keberhasilan pelaksanaan pelatihan dan perubahan tingkat pemahaman peserta pelatihan terhadap materi pelatihan, kami melakukan kegiatan ujian pre-test dan Post-test. Pre-test dilakukan sebelum isi pelatihan diberikan, segera sesudah pembukaan kegiatan. Jumlah soal yang diberikan sebanyak 10 dalam format pilihan ganda, langsung memanfaatkan media Quizizz. Peserta diminta menjawab sesuai dengan pemahaman mereka saat itu. Dari pelaksanaan Pre-test didapatkan nilai rata-rata (dibulatkan) sebesar 52 poin dari basis 100.

Setelah pelaksanaan pelatihan, dan sebelum penutupan kegiatan pelatihan, para peserta kembali diminta mengerjakan ujian post-test dengan soal yang sama dengan pre-test. Dari pelaksanaan post-test ini didapatkan nilai rata-rata (dibulatkan) sebesar 74 poin dari basis 100.

Kedua nilai ini kemudian dibandingkan dan didapatkan selisih sebesar 22 poin, atau peningkatan pemahaman sebesar 42.3% dibandingkan kondisi awal menunjukkan grafik batang perbandingan nilai rata-rata pre-test dengan post-test.

Pada beberapa poin berikut merupakan penjabaran hasil kuesioner dari pertanyaan 1-6 dalam bentuk grafik lingkaran:

Secara umum dan keseluruhan, materi yang dibahas sesuai dengan kebutuhan anda.
Grafik 1 adalah hasil kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui pendapat peserta terhadap pernyataan “secara umum dan keseluruhan, materi yang dibahas sesuai dengan kebutuhan anda”, tujuan dari pertanyaan ini adalah mengetahui apakah para peserta sudah menganggap materi yang disampaikan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelaksanaan tugas mereka sebagai pengajar. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada peserta terdapat 15% peserta menyatakan sangat setuju, 54% setuju, 8% merasa cukup berhubungan dan 23% menyatakan sangat tidak setuju.

Apa pengetahuan anda terkait materi Quizizz yang disajikan, sebelum pelatihan ini?
Grafik 2 adalah hasil kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui pengetahuan peserta tentang Quizizz sebelum pelatihan dilaksanakan. Berdasarkan data di atas, terdapat 6% yang sudah menggunakan dan sudah fasih dengan fitur-fitur Quizizz sebelum pelatihan. Sebanyak 25% sudah menggunakan sebagian besar fitur yang ada, 25% baru menggunakan sebagian kecil fitur, dan 44% menyatakan belum mengetahui dan belum menggunakan aplikasi Quizizz.

Kejelasan penyampaian materi oleh Instruktur?
Grafik 3 adalah hasil kuesioner yang dilakukan untuk mengukur pendapat peserta terhadap tingkat kejelasan penyampaian materi oleh instruktur. Berdasarkan data di atas, semua pendapat bernilai positif dengan pembagian 50% berpendapat penyampaian materi sangat baik, dan 50% berpendapat baik.

Kelengkapan materi (modul) yang diberikan?
Grafik 4 adalah hasil kuesioner yang dilakukan untuk mengukur pendapat peserta terhadap kelengkapan materi (modul) yang diberikan dan digunakan pada pelatihan ini. Berdasarkan data di atas, semua berpendapat positif dengan detail 44% berpendapat sangat baik, dan 56% berpendapat baik.

Untuk mengikuti pelatihan online ini, saya memiliki (atau institusi menyediakan)  fasilitas yang memadai
Grafik 5 adalah hasil kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui pendapat peserta terhadap pernyataan “untuk mengikuti pelatihan online ini, saya memiliki (atau institusi menyediakan) fasilitas yang memadai”. Berdasarkan kuesioner yang disebarkan kepada peserta terdapat 44% peserta menyatakan sangat setuju, 50% peserta menyatakan setuju, dan 6% menyatakan cukup.

Secara keseluruhan, menurut anda bagaimana pelaksanaan pelatihan ini?
Grafik 6 adalah hasil kuesioner yang meminta pendapat peserta terhadap pelaksanaan pelatihan secara keseluruhan. Tingkat kepuasan yang baik berarti pelaksanaan pelatihan sudah

Pada kuesioner yang disampaikan, selain pertanyaan format pasti/ skala,  pelaksana PKM juga memberikan pertanyaan terbuka yaitu tema / topik pelatihan yang diinginkan berikutnya. Meskipun jawabannya bebas, ternyata hanya muncul 4 tema. Data tersebut kemudian diolah menjadi bentuk grafik lingkaran yang tertuang pada Grafik 7. Sebagian besar peserta,  yaitu sebanyak 82% menyatakan pendapat menginginkan pelatihan penggunaan aplikasi Plickers. Sisanya masing-masing sebesar 6% peserta menyatakan menginginkan pelatihan aplikasi Quipper School, materi Ms. Power Point dan Animasi, serta Quizizz lanjutan. Hal ini merupakan bahan masukan bagi pelaksana PKM untuk mendapatkan materi pelatihan berikutnya berdasarkan kebutuhan peserta.

Setelah kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini selesai dilaksanakan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:

  1. Pelatihan dianggap sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan, dengan 15% sangat setuju, 54% setuju, 8% cukup berhubungan dan 23% menyatakan sangat tidak setuju atas isi materi pelatihan ini.
  2. Pelatihan yang telah diikuti oleh pendidik SD Yadika 1 memberikan pemahamam dan keterampilan tepat guna terkait dengan pemanfaatan aplikasi Quizizzuntuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar daring dengan para peserta didik di SDS Yadika 1 Jakarta.
  3. Dengan terjalinnya kerja sama antara SDS Yadika 1 Jakarta dan Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur, kegiatan lanjutan dapat lebih mudah dilaksanakan.

Saran-saran yang dapat disampaikan:

  1. Pihak sekolah dapat menjadwalkan pelatihan berkelanjutan untuk meningkatkan lagi pemahaman dan ketrampilan para pendidik menggunakan aplikasi Quizizz.
  2. Sesuai data kuisioner sebanyak 82% peserta tertarik untuk pelatihan aplikasi Plickers sebagai penunjang pembelajaran untuk para siswa ajar. Berdasarkan data tersebut, disarankan agar pihak SDS Yadika 1 memfasilitasi pelatihan tersebut.

Video dokumentasi link youtube: https://youtu.be/RzH-frvV2UQ

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.