Pelatihan Pengelolaan Marketplace Shopee Sebagai Peningkatan Pemasaran Produk Bagi Komunitas Bisnis Online Beautysalihaa

Salam Budi Luhur !!

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat “PELATIHAN PENGELOLAAN MARKETPLACE SHOPEE SEBAGAI PENINGKATAN PEMASARAN PRODUK BAGI KOMUNITAS BISNIS ONLINE BEAUTYSALIHAA” yang diselenggarakan oleh Bapak Humisar Hasugian, M.Kom, Bapak Dolly Virgian Shaka Yudha Sakti, M.Kom, Ibu Nofiyani, M.Kom pada hari Sabtu 22 Januari 2022, secara Virtual via Google Meet. Adapun tujuan diadakan kegiatan ini adalah Membantu Komunitas Bisnis Online BeautySalihaa dalam mengelola bisnis online para peserta, menggunakan marketplace Shopee sehingga produk yang dipasarkan mudah ditemukan oleh pelanggan, interaksi dengan pelanggan menjadi lebih mudah dan mempermudah dalam melakukan pemasaran melalui dunia digital.

Obyek kegiatan pada masyarakat adalah Komunitas Bisnis Online Beautysalihaa merupakan bisnis online yang dirintis oleh Seftiani Dwi Astuti semenjak Maret 2018. Berawal berjualan pakaian muslimah, pakaian balita, hingga kosmetik halal. Penjualan kosmetik halal berawal dari menjadi Reseller Berl Cosmetic. Bisnis ini dimulai dari berjualan secara dropship, membeli barang setelah ada pemesan (Rusdiana and Achmad Otong Bustomi, 2015). Barang dibeli dari marketplace yang ada di Indonesia dengan alamat pengiriman langsung ke alamat pembeli (Aulia and Oktavianus, 2018). Beautysalihaa terletak di Pelangi Asri Residence 4, Blok A1 no 18, RT/RW 01/05 Desa Padurenan, Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Adapun permasalahan yang akan diselesaikan dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini antara lain: Membantu Komunitas Bisnis Online Beautysalihaa mengoptimalkan kemampuan team dalam melakukan pemasaran produk dan mengembangkan usaha daring melalui platform marketplace. Untuk mendapatkan pengetahuan tentang pengembangan usaha daring melalui platform marketplace yaitu Shopee, maka dibutuhkan sebuah sarana berupa pelatihan dasar yang tepat guna agar tidak membuang waktu dan melakukan coba-coba terhadap usaha yang dilakukan secara daring.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 6M (Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, Mengurangi mobilitas dan Menghindari makan bersama).

Comments are closed.