Belajar Dimasa Pandemi – Dosen Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur Menerapkan Metode Heutagogi dalam Pelatihan Teknik Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Siswa/i Sekolah Menengah Atas (SMA) Tarsisius Vireta Tangerang

Salam Budi Luhur !!

Dosen Universitas  Budi Luhur Fakultas Teknologi Infomasi prodi Teknik Informatika dan Sistem Informasi telah mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) secara daring melalui aplikasi zoom bagi  Siswa/i dari Sekolah Menengah Atas (SMA) Tarsisius Vireta yang berlokasi di Jl. Danau Singkarak Raya Vila Regensi II Blok AE 8-9, Kuta Jaya, Kec. Ps. Kemis, Tangerang, Banten . Selasa(12/10/21), silam. Tim kegiatan PM ini terdiri dari tiga orang dosen pelaksana yaitu Reva Ragam Santika, M.Kom, Anita Diana M.Kom, Dra, Dwi Achadiani, M.Kom Kegiatan pengabdian masyarakat ini memberikan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah kepada siswa-siswi kelas XI SMA Tarsisius Vireta Tangerang, Banten. Pelatihan ini merupakan bagian dari Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) yang merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan Tridharma, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pelatihan ini bertujuan membekali siswa/I agar mampu memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Ms.Word secara maksimal dalam hal Teknik penulisan karya ilmiah yang tepat seperti membuat daftar isi otomatis, pembuatan daftar pustaka otomatis, pembuatan daftar tabel/daftar gambar otomatis, pembuatan indeks otomatis, Glosarry, Citation sehingga penulisan karya ilmiah dapat dikerjakan dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

Pelatihan yang dilaksanakan secara daring (online) diawali dengan adanya pembukaan dari kedua pihak sebagai sambutan dan pengantar. Sambutan dari pihak Sekolah Menengah Atas (SMA) Tarsisius Vireta disampaikan oleh : Theresia Tri Wahyuni, S.S. selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, dan sambutan dari pihak instruktur disampaikan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. mewakili pihak Univ. Budi Luhur. Adapun acara langsung diisi dengan materi yang dibawakan oleh Ibu Anita Diana yang memperkenalkan Teknik penyusunan penulisan makalah yang baik, secara daring (online) melalui media Zoom, karena kegiatan ini dilaksanakan dalam masa Pandemik maka kegiatan pelatihan ini mengusung metode heutagogy dimana metode ini adalah pendekatan kontemporer yang paling holistik di era Distancing Learning yang memanfaatkan perkembangan TI, dimana metode ini merupakan metode pembelajaran mandiri yang berfokus pada pembelajaran yang  bergeser ke peserta pelatihan sehingga menjadi lebih bertanggung jawab untuk menentukan jalur pembelajarannya (tujuan dan hasil) dan menilai pembelajaran, sementara tutor mengadopsi peran yang lebih membimbing dan lembaga berperan sebagai jaringan pendukung dan teknologi sebagai fasilitator yang mendasari untuk memajukan pembelajaran, untuk mendukung tujuan tersebut tim PKM menciptakan modul yang mudah dipahami oleh siswa sehingga mereka mampu untuk belajar secara mandiri.

Selama pelatihan daring berlangsung tampak para peserta sangat antusias memperhatikan materi yang disampaikan oleh tutor. Pada bagian penutup, dilakukan tanya jawab lebih lanjut kepada para peserta, bila masih ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Pada kesempatan ini pula, instruktur meminta kesediaan para peserta untuk mengisi kuesioner yang disebarkan sebagai review dari pelaksanaan pelatihan ini. Dan hasil dari kuesioner ini pun menyatakan bila peserta puas dengan pelatihan yang diberikan. Instruktur juga manyampaikan ucapan terima kasih terhadap respon yang sangat baik dari para peserta pelatihan, sehingga pelaksanaan pelatihan ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.