Melalui Program Kuliah Kerja Nyata, mahasiswa Universitas Budi Luhur memberdayakan warga Kampung Tidar Sudimara Timur

Salam Budi Luhur !!

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan bentuk perwujudan pengabdian yang dilakukan oleh mahasiswa kepada masyarakat serta merupakan bentuk implementasi dari salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi. Program KKN merupakan sarana bagi setiap mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan secara nyata serta mengabdi kepada masyarakat untuk memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

Pelaksanaan kegiatan KKN oleh Mahasiswa Universitas Budi Luhur kelompok KKN B7 dengan dosen pembimbing lapangan Windarto, S.Kom., M.Kom. ini mengangkat tema kegiatan “Pemerdayaan Warga Kampung Tidar di Masa Pandemi Guna Mewujudkan Kampung Yang Asri dan Lestari” yang dilaksanakan di Kampung Tidar, Sudimara Timur, Ciledug, Kota Tangerang, Banten.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memaksimalkan dan mengembangkan potensi masyarakat di Kampung Tidar selama masa pandemi covid ini yang seharusnya bisa dikembangkan  oleh masyarakat setempat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mampu membangun minat masyarakat untuk terus sadar akan lingkungan. Kegiatan pelaksanaan ini telah dilaksanakan selama bulan Agustus 2021. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan sikap tanggung jawab, kepedulian, kesabaran dan saling menghargai antara masyarakat dengan mahasiswa/i. Serta dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa untuk dapat belajar bagaimana caranya bersosialisasi, bergaul, menumbuhkan rasa kemandiriian serta menambah pengalaman bagi mahasiswa/i di lingkungan masyarakat.

Beberapa kegiatan yang dilakukan kelompok KKN B7 adalah mengembangkan tanaman aquaponik. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar karena dengan memanfaatkan teknik penanaman aquaponik masyarakat bisa membudidayakan tumbuhan atau tanaman konsumsi sekaligus membudidayakan ikan dari kolam yang ada di tanaman aquaponik seperti ikan lele dimana program ini akan terus berlangsung dan dikelola oleh warga di Kampung Tidar.

Kegiatan lainnya adalah menumbuhkan semangat kebangsaan warga Kampung Tidar dengan cara membuat mural dan membuat kerajian tangan untuk menghias lokasi KKN dengan nuansa kemerdekaan NKRI untuk memperingati HUT NKRI ke-76. Kegiatan ini merupakan upaya mahasiswa untuk memperingati HUT NKRI sebagai bagian dari tanggung jawab dan kesadaran bersama atas pentingnya mengingat dan mencontoh nasionalisme pejuang kemerdekaan Indonesia.

Kegiatan KKN kelompok B7 lainnya adalah melakukan kerja bakti. Pentingnya kebersihan dimasa pandemi seperti ini yang menjadikan program kerja bakti bersama masyarakat sekitar sangat penting, yang diharapkan dapat menjadi pola hidup bersih yang dapat diterapkan oleh warga sekitar dan menghindarkan dari adanya kemungkinan terjangkitnya virus dan penyakit. Selain itu, kelompok KKN B7 juga melakukan kegiatan penyemprotan desinfektan yang merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan dikarenakan dapat membunuh kuman serta virus yang terdapat di sekitar wilayah atau lokasi Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Pada akhir kegiatan KKN di Kampung Tidar kelurahan Sudimara Timur, ditutuip dengan penyerahan cinderamata kepada perwakilan warga Kampung Tidar sebagai kenang-kenangan. Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur kelompok B7 berharap kepada masyarakat Kampung Tidar, Sudimara Timur dapat mengaplikasikan kegiatan yang telah dilaksanakan agar dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Mahasiswa Kelompok B7 KKN Kampung Tidar, Sudimara melakukan perpisahan dengan foto bersama warga sekitar di dampingi oleh Bapak Ketua RT Kampung Tidar, Sudimara. Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Kelompok Mahasiswa KKN B7 :

  1. Alfred Aprilano (1711510015)
  2. M. Ainurrahman (1611510015)
  3. Hadi Sanjaya (1571510015)
  4. Yogi Ari Winanda (1711510535)
  5. Dzulhans Arya P (1971512536)
  6. Septiana Mustika Pratama (2031511575)
  7. Puspasari Dwi Rahayu (1931513434)
  8. Aurelia Saputri (1871510937)
  9. Savira Eka Pratiwi (1731501035)
  10. Aisyah Famylla (1971513559)

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.