Peran Mahasiswa Dalam Mengedukasi Masyarakat di Kampung Tangguh Jaya Kebayoran Lama Dalam Menghadapi Covid-19

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 12 Juni 2021 – Pelaksanaan KKN dimaksudkan untuk memberi bekal kemampuan mahasiswa Universitas Budi Luhur dalam pendekatan kepada masyarakat dan membentuk sikap serta perilaku untuk senantiasa peka terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat. Kegiatan penyelenggaraan KKN dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Budi Luhur.

KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Budi Luhur kelompok 06 dengan tema kegiatan “Peran Mahasiswa Dalam Mengedukasi Masyarakat di Kampung Tangguh Jaya Kebayoran Lama Dalam Menghadapi Covid-19” yang di laksanakan di Kelurahan Kebayoran Lama Utara, Kecamatan Kebayoran, Kota Jakarta Selatan, Jakarta yang dilakukan di bulan Juni 2021. Kegiatan ini dilakukan demi mengajak masyarakat khususnya di wilayah kelurahan Kebayoran Lama Utara  untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kelompok KKN 06 melakukan beberapa kegiatan seperti halnya Penyemprotan Disinfektan, Edukasi tentang kebersihan lingkungan, Pembuatan Tempat Cuci Tangan, Kerja Bakti, Membagikan Masker, mengajar paud . Kegiatan KKN kelompok 06 minggu ke 1 di mulai pada tanggal 12 Juni 2021 dengan melakukan pembukaan KKN 06.Pembukaan KKN 06 yang dilakukan secara online via Zoom Meeting dikarenakan tidak bisa dilakukan secara offline karna PPKM darurat serta memberi bekal kemampuan mahasiswa Universitas Budi Luhur dalam pendekatan kepada masyarakat dan membentuk sikap serta perilaku untuk senantiasa peka terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat. Melakukan penanaman bibit pohon salah satu lahan yang ada di daerah sekitar. Penanaman bibit pohon ini dilakukan untuk dapat menambah keasrian dan membantu penghijauan yang diharapkan akan berguna suatu saat bagi para warga. Kerja bakti adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan bagi kami di dalam kegiatan KKN ini, karena kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu sarana awal bagi kami untuk berinteraksi, mendekatkan diri serta mengabdi kepada masyarakat.Kegiatan penyemprotan disinfektan dan pembuatan handsanitizer ini dilakukan pada siang hari oleh para mahasiswa KKN 06. Penyemprotan Disinfektan dilakukan ke semua rumah yang berada di kampung Tangguh jaya untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan sekaligus memperkenalkan sosialisasi program-program KKN 06 yang di adakan di kampung Tangguh jaya.Kami juga mengajak anak-anak sekitar kampung Tangguh jaya untuk mengikuti kegiatan KKN ini dengan di lakukannya program Kerajinan Tangan. Program ini diharapkan dapat mengembangkan imajinasi dan kreasi anak-anak di lingkungan kampung Tangguh jaya. Selain ucapan perpisahan, dengan adanya pertemuan ini pihak Mahasiswa dan juga pihak Kampung kampung Tangguh jaya akan bertukar pendapat tentang kegiatan yang berlangsung serta evaluasi yang sangat di butuhkan demi kebaikan kegiatan KKN tersebut.

’’Saya selaku Ketua KKN 06 mewakili semua anggota kelompok mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Budi selaku perwakilan Rt/Rw kampung tangguh jaya Kelurahan Kebayoran lama utara yang sudah mengizinkan kami melakukan kegiatan KKN di tempat ini. Dan juga saya mengucapkan terima kasih kepada Ratna Ujian Dari, S.Kom, M.M selaku Dosen Pembimbing KKN kami dan seluruh warga yang telah membantu dalam menjalankan program KKN kami. Kegiatan KKN ini sangat bermanfaat dan juga menjadi pengalaman tersendiri buat kami yang tidak akan kami lupakan dan semoga dapat menjalin silahturahmi yang baik. Saya Fandika Tri Hapsoro mewakili seluruh anggota KKN 06 Universitas Budi Luhur meminta maaf jika selama kegiatan ada perilaku serta ucapan kami yang kurang berkenan, Terimakasih” ujar Ketua KKN 06 sebagai ucapan perpisahan kepada seluruh warga yang terlibat.’’

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

Comments are closed.