Pelatihan Pengembangan Keahlian dalam Pemanfaatan Marketplace Bukalapak pada Inti Mas Motor

Salam Budi Luhur!!

Pada semester genap 2021 ini diadakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang dimanfaatkan oleh Universitas Budi Luhur dalam menyebarluaskan pembelajaran kepada masyarakat, terutama pengetahuan yang berdampak langsung dan dapat diterapkan secara nyata oleh masyarakat. Meski dalam kondisi pandemi seperti ini, tim PKM Universitas Budi Luhur tetap menjalankannya dengan memanfaatkan teknologi; sehingga pelatihan dan pembekalan materi kepada peserta dilakukan secara daring dengan tetap menjaga kualitas materi yang disajikan. Hal ini terlihat dari pelaksanaan kegiatan PKM yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2021 dengan mengambil topik pengembangan keahlian dalam pemanfaatan marketplace bukalapak pada Inti Mas Motor yang diharapkan dapat membantu menambah income bagi para karyawannya.

Pada pelaksanaannya, acara dimulai dengan sambutan dari pihak Inti Mas Motor tentang perekonomian dimasa pandemi Covid-19 dan pencerahan tentang solusi yang dapat dilakukan oleh industri maupun karyawan yang saat ini masih survive dalam menjalani bisnisnya. Berikutnya pelatihan dimulai dengan pembekalan materi-materi dasar tentang berjualan secara konvensional maupun secara daring dengan memanfaatkan teknologi dan internet oleh Bapak Li Hin. Adapun, pelatihan dilanjutkan dengan pembuatan akun pada marketplace Bukalapak agar para peserta dapat langsung mencoba pembekalan yang telah dipaparkan sebelumnya.Peserta yang sangat antusias dengan pembekalan yang diberikan masih terus bertanya tentang hal yang terkait dengan marketplace dan usaha secara daring; meskipun saat itu adalah sudah waktunya istirahat. Materi pembekalan dilanjutkan oleh Bapak Rizky Tahara Shita dengan melanjutkan mengelola toko virtual yang sudah dibuat pada marketplace Bukalapak; menambahkan barang dagangan, mengelola rekening sampai melakukan penjualan pada marketplace Bukalapak agar para peserta memahami proses yang terjadi selaku penjual yang memiliki toko virtual pada marketplace Bukalapak.

Sebagai penutup dari pelatihan yang telah dilakukan, maka diadakan tanya jawab dan sharing pengalaman yang lebih intens terhadap menjalani usaha daring maupun usaha non daring yang pernah dilakukan oleh para instruktur agar para peserta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang membuka usaha secara mandiri.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan melakukan 5M (Memakai masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan, serta Membatasi mobilisasi dan interaksi).

 

Comments are closed.