KKN Universitas Budi Luhur di Gang Mede 3 Kabupaten Tangerang

KKN “Sosialisasi Kebersihan Untuk Pencegahan Penyebaran COVID-19 Pada Masa Transisi New Normal” Berjalan Sukses

Salam Budi Luhur !!

KKN Universitas Budi Luhur di Gang Mede 3 Kabupaten Tangerang
KKN Universitas Budi Luhur di Gang Mede 3 Kabupaten Tangerang

Kabupaten Tangerang, 1 Maret 2021 – Pelaksaankegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) MahasiswaUniversitas Budi Luhur dengan judul kegiatan “Sosialisasi Kebersihan Untuk Pencegahan Penyebaran COVID-19 Pada Masa Transisi New NormalKelompok 28 yang di laksanakan Jl. Komplek Sekneg Sawah Dalam, Blok Mede 3 RT 06/RW 04 Kecamatan Pinang Kelurahan Panunggangan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung program Pemerintah untuk memutus rantai penyebaran COVID-19 serta kegiatan yang berbasis kebudiluhuran, dan kegiatan pelaksanaan ini dilakukan di bulan Januari – Februari 2021. Selain demi menuntaskan kewajiban kemahasiswaan, pelaksanaan kegiatan ini juga bertujuan untuk bukti nyata pengabdian secara langsung dengan mengajak warga disekitar untuk melakukan kegiatan yang positif agar tidak berdiam diri saja dirumah karena takut dengan virus COVID-19. Harapannya kegiatan ini akan membuat warga sekitar sadar dengan kebersihan lingkungan dan mendapatkan edukasi tentang seberapa bahaya COVID-19 serta membantu pemertintah dalam memutus rantai penyebaran virus COVID-19.

“Saya mewakili warga disini sangat berterima kasih kepada teman-teman dari Kampus Budi Luhur yang sudah mau KKN di Kampung Blok Mede, dengan adanya teman-teman disini semoga bias membantu untuk mengingatkan kepada warga disini untuk tetap menerapkan protocol kesehatan yang sudah dianjurkan dan bias bermanfaat bagi warga sekitar,” ujar Bapak Sutarji, selaku Ketua RT 06 Blok Mede 3.

Kegiatan Kerja Bakti Lingkungan Setempat
Kegiatan Kerja Bakti Lingkungan Setempat

Beberapa kegiatan yang dilakukan adalah melakukan kerja bakti, pemasangan banner tentang 3M, mengudukasi tentang kebersihan dan pencegahan COVID -19, memberikan tempat sampah, membuat games untuk anak-anak dengan tema 3M (Mencuci Tangan, Menjaga Jarak, dan Memakai Masker). Kegiatan awal yang dilakukan adalah kerja bakti. Kerja bakti dilakukan untuk mengurangi sampah yang berserakan dilingkungan sekitar. Sekaligus upaya menciptakan lingkungan yang  bersih, mahasiswa dan warga bergotong royong untuk membersihkan daerah sekitar yang sekiranya harus dibersihkan. Kerja bakti ini dilakukan dengan menerapkan protocol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Peralatan yang digunakan juga yang dibawa oleh rumah masing-masing untuk mencegah penyebaran virus. Area yang dibersihkan meliputi area sekitar rumah warga, masjid, balai warga, dan juga pintu masuk Blok Mede 3. Pembersihan berfokus kepada sampah yang berserakan dan area yang dirasa kotor yang tidak terurus untuk mencegah adanya virus dan juga wabah penyakit lainnya.

Pembagian Tempat Sampah di Kawasan Blok Mede 3
Pembagian Tempat Sampah di Kawasan Blok Mede 3

Dalam situasi New Normal seperti ini tetap mengharuskan kita semua melakukan pola hidup bersih dan sehat. Untuk itu kami melakukan pembagian tempat sampah di wilayah sekitar Gang Mede 3 untuk dipergunakan oleh masyarakat sebagaimana mestinya, sekaligus agar digunakan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya. Pembagian tempat sampah ini juga menjadi salah satu misi agar membuat lingkungan di sekitar Blok Mede 3 menjadi bersih dan sehat. Mengingat tingginya kasus COVID-19 disebabkan virus yang menyebar sangat cepat dari lingkungan, maka dari itu pembagian tempat sangatlah penting agar warga sekitar sadar akan kebersihan di lingkungan rumah sendiri.

Edukasi COVID-19 Oleh Mahasiswa KKN
Edukasi COVID-19 Oleh Mahasiswa KKN

Selain pembagian tempat sampah, rekan-rekan dari KKN 28 juga melakukan edukasi kepada anak-anak sekitar tentang bahayanya COVID-19 dan cara pencegahan penyebaran virus ini. Edukasi ini berlangsung di dua tempat berbeda yaitu pertama di tempat pengajian Bu Jamilah dan tempat kedua yaitu di tempat pengajian Pak Ade. “Menurut saya edukasi ini sangat penting yah apalagi kalo virus ini nantinya sampai terkena adik-adik ini kan sangat bahaya yah, jadinya kami dari mahasiswa KKN mengaadakan edukasi ini yang dikhususkan untuk anak-anak sekitar”. Ujar Faisal, selaku Wakil Ketua KKN 28. Selain itu, Pak Ade pun memberikan komentarnya terkait adanya mahasiswa KKN yang hadir untuk memberikan edukasi kepada anak-anak pengajiannya. “Iya terimakasih kepada kakak semua yang sudah mau menyepatkan hadir dan berbagi ilmu juga kepada anak-anak pengajian saya, semoga ilmu bermanfaat kepada anak-anak ini dan juga semoga kakak dari Kampus Budi Luhur juga selalu dijauhi dari virus ini”. Ujar Pak Ade.

Doa Bersama Mahasiswa dan Warga Blok Mede 3
Doa Bersama Mahasiswa dan Warga Blok Mede 3

Di hari penutupan mahasiswa dan warga sekitar menyelenggarakan doa bersama dan ucapan terima kasih dari Mahasiswa Universitas Budi Luhur kepada Ketua RT setempat dan juga wargas ekitar yang telah mengizinkan kami untuk KKN di Blok Mede 3 ini. “Saya Nando sebagai Ketua Acara KKN mewakili semua mahasiswa dan pihak yang terlibat dalam kegiatan sangat mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Sutarji selaku Ketua RT 06 Blok Mede 3 karena telah mengizinkan kami semua untuk melakukan kegiatan KKN disini. Dan tak lupa juga kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Basuki Hari Prasetyo selaku dosen pembimbing KKN kami, terima kasih juga kepada Bapak Ade dan Ibu Jamilah yang telah mengizinkan kami memakai tempat pengajiannya untuk melakukan edukasi kepada anak-anak pengajian disana dan tak lupa juga Mas Handoko selaku Ketua Karang Taruna Blok Mede yang telah banyak membantu kami dari awal mulai acara sampai hari terakhir ini, dan juga terima kasih untuk semua warga Blok Mede 3 yang sudah mau menerima kami mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur untuk melakukan kegiatan KKN. Semoga ini menjadi awal untuk silahturahmi kami dan semoga sampai seterusnya. Kami juga minta maaf bila ada perkataan dan perilaku kami selama ini yang kurang berkenan. Terima kasih banyak”. Ujar Nando selaku Ketua Acara KKN. Ucapan perpisahan yang disampaikan kepada seluruh pihak yang terlibat.

Perpisahan dan Ucapan Terima kasih Kepada Petinggi Blok Mede
Perpisahan dan Ucapan Terima kasih Kepada Petinggi Blok Mede

Selain ucapan perpisahan, dengan adanya pertemuan ini pihak Mahasiswa dan juga pihak Blok Mede 3 akan bertukar pendapat tentang kegiatan yang berlangsung serta evaluasi yang dibutuhkan demi kebaikan kegiatan KKN tersebut.

Comments are closed.