KKN “Pelestarian Lingkungan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19” Berjalan Sukses

Salam Budi Luhur !!

Tangerang Selatan, 28 Februari 2021 – Pelaksanaan kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Universitas Budi Luhur oleh Kelompok 29 dengan judul kegiatan “Pelestarian Lingkungan Dan Pencegahan Penyebaran Covid-19 di Wilayah Rt 001/Rw 008 Kelurahan Pondok Karya Kecamatan Pondok Aren telah di laksanakan di Komplek Deplu RT 001/RW 008 , Kecamatan Pondok Aren , Kelurahan Pondok Karya pada bulan Januari 2021 – Februari 2021. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendukung upaya pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 di masyarakat serta kegiatan yang dilakukan berbasis pada nilai-nilai kebudiluhuran yang melekat pada kampus kita. Selain untuk menuntaskan kewajiban mahasiswa dalam mengambil mata kuliah KKN, pelaksanaan kegiatan ini juga menjadi bukti nyata pengabdian secara langsung dengan mengajak masyarakat melakukan kegiatan positif di sela-sela pandemik COVID-19 yang terjadi saat ini. Harapan nya kegiatan ini dapat membantu dalam mencegah penyebaran COVID-19 dan membuat warga sekitar akan lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan dan kesehatan sendiri.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan diantaranya pembagian masker, pembuatan tempat cuci tangan, edukasi kebersihan dan pola hidup sehat kepada anak-anak, mewarnai dan membuat kerajinan tangan kepada anak-anak, menam pohon, kerja bakti dan pembagian bansos berupa snack. Kegiatan awal yang kami lakukan adalah pembagian masker. Pembagian masker dilakukan di jalan pintu masuk Komplek Deplu dengan membagikan masker kepada warga yang lewat jalan tersebut. Mahasiswa melakukan pembagian masker bertujuan agar para masyarakat dapat menigkatkan kesadaran bahwa pentingnya menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah agar terhindarnya dari penyebaran COVID 19.

Dalam kondisi pandemi saat ini kebersihan sangatlah penting agar terhindarnya dari penyakit-penyakit terutama pada kebersihan tangan. Penyebaran COVID 19 biasanya menempel pada benda-benda dan tangan kita yang sering terkontaminasi oleh benda-benda tersebut sehingga kita diwajibkan untuk melakukan cuci tangan setiap saat baik sebelum maupun sesudah beraktivitas. Oleh karena itu, kami melakukan pembuatan tempat cuci tangan di 4 titik kumpul warga agar digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai tempat cuci tangan dan meningkatkan kesadaran warga betapa pentingnya cuci tangan dalam mencegah penyebaran COVID 19.

Kegiatan edukasi kebersihan dan pola hidup sehat kepada anak-anak dilakukan oleh kami sebagai pembekalan kepada anak-anak bahwa kebersihan dan pola hidup sehat sangat penting diterapkan dalam kehidpan sehari-hari utuk terhindarnya COVID 19 dan  berbagai macam penyakit supaya para anak-anak mengerti bahwa COVID 19 saat ini sangat bahaya dan rentan terkena apabila tidak menjaga kebersihan. Kegiatan edukasi untuk anak-anak ini kami selingi dengan kegiatan yang menghibur yaitu mewarnai, membuat kerajinan tangan, bermain games dan membagikan hadiah serta snack-snack yang dapat membuat anak-anak tidak merasa bosan untuk menerima materi edukasi yang diberikan. Kami anggota KKN beserta anak-anak tersebut juga langsung mempraktikan bagaimana cara mencuci tangan yang benar menggunakan air dan sabun yang disediakan.

Selain berinteraksi dengan anak-anak, kami juga berinteraksi dengan warga sekitar dengan melakukan penanaman bibit pohon sekaligus melakukan kerja bakti bersama berupa pembersihan salah satu lahan yang ada di daerah sekitar. Penanaman bibit pohon ini dilakukan untuk dapat menambah keasrian dan membantu penghijauan yang diharapkan akan berguna suatu saat bagi para warga. Kerja bakti adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan bagi kami di dalam kegiatan KKN ini, karena kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu sarana awal bagi kami untuk berinteraksi, mendekatkan diri serta mengabdi kepada masyarakat.

Kegiatan terakhir yang kami lakukan adalah pembagian bantuan sosial (bansos) berupa snack atau makanan kecil yang kami bagikan secara acak kepada siapapun para pengguna jalan yang lewat namun tetap kami fokuskan untuk yang lebih membutuhkan dan layak untuk mendapatkan. Dengan melakukan hal tersebut kami harapkan dapat membantu sasaran yang kami tuju. Selanjutnya kami dari kelompok KKN 29 juga mengucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Bapak Ketua RW 008 dan Bapak Ketua RT 001 Kelurahan Pondok Karya Kecamatan Pondok Aren serta seluruh warga Komplek Deplu yang telah memberikan ijin serta dukungan kepada kelompok kami untuk melaksanakan kegiatan KKN ini. Kami juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada Dosen Pembina Lapangan kami, Bapak Basuki Hari Prasetyo, S.Kom, M.Kom yang telah memberikan arahan dari awal hingga akhir kegiatan KKN Kelompok 29.

Comments are closed.