KKN “Peduli Kesehatan Demi Masa Depan” Pada Situasi Pandemi Covid-19 Dengan Pendekatan Sosialisasi Di Kelurahan Kreo

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 03 Maret 2021 – Pelaksanaan KKN dimaksudkan untuk memberi bekal kemampuan mahasiswa Universitas Budi Luhur dalam pendekatan kepada masyarakat dan membentuk sikap serta perilaku untuk senantiasa peka terhadap persoalan yang dihadapi masyarakat. Kegiatan penyelenggaraan KKN dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Budi Luhur.

KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Budi Luhur kelompok 30 dengan tema kegiatan “Peduli Kesehatan Demi Masa Depan” yang di laksanakan di Kelurahan Kreo, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang, Banten yang dilakukan di bulan Febuari 2021. Kegiatan ini dilakukan demi mengajak masyarakat khususnya di wilayah kelurahan kreo untuk meningkatkan kesadaran pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan di masa pandemi Covid-19 saat ini demi memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kelompok KKN 30 melakukan beberapa kegiatan seperti halnya Penyemprotan Disinfektan, Kerajinan Tangan, Pembuatan Tempat Cuci Tangan, Kerja Bakti, Membagikan Sembako dan Masker. Kegiatan KKN kelompok 30 minggu ke 1 di mulai pada tanggan 06 Febuari 2021 dengan melakukan pembukaan, Pemasangan Banner KKN 30, dan melakukan Penyemprotan disinfektan keseluruh RT 02 guna mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan Pemasangan Banner
Kegiatan Pemasangan BannerKegiatan Pemasangan Banner

Kegiatan penyemprotan disinfektan ini dilakukan pada siang hari oleh para mahasiswa KKN 30. Penyemprotan Disinfektan dilakukan ke semua rumah yang berada di RT 02 Kelurahan Kreo untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 dan sekaligus memperkenalkan sosialisasi program-program KKN 30 yang di adakan di RT 02 Kelurahan Kreo.

Kegiatan Penyemprotan Disinfektan
Kegiatan Penyemprotan Disinfektan

Selain itu juga dalam situasi pandemi seperti sekarang yang mengharuskan untuk menerapkan pola hidup bersih kami melakukan pembuatan tempat cuci tangan untuk di tempatkan di beberapa wilyah RT 02 untuk dapat dipergunakan oleh masyarakat sekitar sekaligus menerapkan protokol kesehatan untuk selalu mencuci tangan setelah beraktivitas di luar rumah.

Kegiatan Pembuatan Tempat Cuci Tangan
Kegiatan Pembuatan Tempat Cuci Tangan

Kami juga mengajak anak-anak sekitar RT 02 untuk mengikuti kegiatan KKN ini dengan di lakukannya program Kerajinan Tangan. Program ini diharapkan dapat mengembangkan imajinasi dan kreasi anak-anak di lingkungan RT 02 Kelurahan Kreo.

Kegiatan Kerajinan Tangan Menanam dan Menghias Pot
Kegiatan Kerajinan Tangan Menanam dan Menghias Pot

Masih dalam rangka pencegahan Covid-19, kelompok KKN 30 turut berpartisipasi dalam membersihkan mushola di RT 02 agar dapat dipergunakan dengan nyaman dan bersih. Dalam melakukan kerja bakti membersihkan musholla kami juga menyumbangkan beberapa alat kebersihan untuk dipergunakan di musholla tersebut.

Kegiatan Membersihkan Musholla
Kegiatan Membersihkan Musholla

Pada pandemi Covid-19 banyak warga yang kehilangan pekerjaan dan banyak pula warga yang kesusahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kami melakukan kegiatan Bantuan Sosial berupa sembako untuk diberikan kepada warga yang benar-benar membutuhkan dan di harapkan dapat meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhannya. Pembagian Masker juga kami lakukan kepada warga RT 02 Kelurahan Kreo untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Kegiatan Bantuan Sosial dan Pembagian Masker
Kegiatan Bantuan Sosial dan Pembagian Masker

Saya selaku Ketua KKN 30 mewakili semua anggota kelompok mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Samto selaku Ketua RT 02 Kelurahan Kreo yang sudah mengizinkan kami melakukan kegiatan KKN di tempat ini. Dan juga saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Basuki Hari Prasetyo, S.Kom., M.Kom selaku Dosen Pembimbing KKN kami dan seluruh warga yang telah membantu dalam menjalankan program KKN kami. Kegiatan KKN ini sangat bermanfaat dan juga menjadi pengalaman tersendiri buat kami yang tidak akan kami lupakan dan semoga dapat menjalin silahturahmi yang baik. Saya Syafril Aziz mewakili seluruh anggota KKN 30 Universitas Budi Luhur meminta maaf jika selama kegiatan ada perilaku serta ucapan kami yang kurang berkenan, Terimakasih” ujar Ketua KKN 30 sebagai ucapan perpisahan kepada seluruh warga yang terlibat.

Foto Penutupan KKN 30
Foto Penutupan KKN 30

Comments are closed.