Mahasiswa Universitas Budi Luhur Memberikan Penerapan Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Pada Era New Normal

Salam Budi Luhur !!

Jakarta, 01 Februari 2021 – Memasuki kegiatan Kuliah Kerja Nyata Periode Gasal 2020/2021, Universitas Budi Luhur Menyelanggarakan kegiatan KKN yang diikuti dilaksanakan oleh Mahasiswanya. Salah satu kelompok KKN mahasiswa Universitas Budi Luhur yaitu Kelompok 21 melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata di Jl. Al-Falah 2 Kp. Kecil Rt 04 Rw 08, Kel. Sukabumi Selatan, Kec. Kebon Jeruk, Jakarta Barat, di bawah bimbingan Bapak Ikhsan Rahdiana, S.Kom, M.Kom. Selaku Dosen Pembimbing Lapangan. Tema program KKN mahasisawa Universitas Budi Luhur kelompok 21 yaitu “Mewujudkan Masyarakat Yang Cerdas Dan Unggul Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dalam Menghadapi Era New Normal” di Kp. Kecil RT 04 RW 08, Kel. Sukabumi Selatan, Jakarta Barat.

Kegiatan yang dilaksanakan selama program KKN meliputi Edukasi pemahaman dalam menghadapi Era New Normal, Membantu meningkatkan Kreativitas anak-anak di Rt 04 Kel. Sukabumi Selatan, membagikan masker serta handsanitizer untuk warga, Membagikan alat tulis dan beberapa makanan untuk anak-anak, Penyemprotan Disinfektan, Pembuatan tempat cuci tangan, dan Melakukan ternak lele serta menanam tanaman untuk dapat dimanfaatkan oleh warga. Sesuai dengan profil warga di wilayah RT 04 RW 08 Kel. Sukabumi Selatan yang memiliki lingkungan rumah warga yang terbilang padat dan minimnya kesadaran masyarakat sekitar dalam menghadapi Covid-19 dimasa New Normal, Karena itu Selama Menjalankan Kegiatan KKN, Kelompok 21 Mahasiswa Universitas Budi Luhur tidak lupa untuk mengajak masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan selalu mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak.

Kelompok KKN 21 di RT 04 RW 08 Kel. Sukabumi Selatan mensosialisasikan penerapan hidup bersih dengan melakukan kegiatan pembersihan lahan di Rt 04, selain itu kelompok 21 juga menerapkan hidup sehat dalam upaya memasuki Era New Normal dengan melakukan kegiatan tersebut diharapkan dapat menigkatkan kesadaran warga untuk tetap melakukan protokol kesehatan dalam upaya mencegah penularan Virus Corona. Mahasiswa Kelompok 21 juga melakukan kegiataan budidaya lele dan menanam tanaman seperti bayam,kangkung dan pakcoy yang nantinya dapat dimanfaatkan oleh warga. Kegiatan tersebut dibantu oleh warga setempat. Selain itu Mahasiswa juga membagikan poster dan sarana mewarnai serta alat tulis untuk anak-anak, yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas. Kehadiran Mahasiswa Kelompok 21 Universitas Budi Luhur di RT 04 Kelurahan Sukabumi Jakarta Barat, disambut dengan baik dan ramah oleh warga setempat, terutama bapak Abdul Ajis, selaku ketua RT 04, yang selalu membantu mahasiswa dalam melaksanakan kegiatannya. Hal itu ditunjukan dengan bantuan, saran dan dukungan warga kepada kegiatan yang dilaksanakan oleh kelompok 21. Mahasiswa Kelompok 21 Universitas Budi Luhur, Mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga RT 04 Kampung Kecil Kelurahan Sukabumi, yang telah memberikan kesempatan, dan membantu serta mendukung kelancaran program KKN yang telah dilaksankan selama 2 minggu. Kami berharap apa yang telah kami lakukan dapat bermanfaat bagi lingkungan dan warga setempat.

Proses Penyemprotan Desinfectant
Proses Penyemprotan Desinfectant
Kegiataan Budidaya Lele dan Menanam Tanaman (Bayam, Kangkung dan Pakcoy)
Kegiataan Budidaya Lele dan Menanam Tanaman (Bayam, Kangkung dan Pakcoy)

Comments are closed.