Mahasiswa Universitas Budi Luhur Melakukan Kegiatan KKN di Daerah Pondok Labu dengan Membangun Kembali Kebiasaan Pola Hidup Sehat

Salam Budi Luhur !!

Kelompok KKN 02 dilaksanakan secara langsung dengan menerapkan protokol Kesehatan. Kelompok KKN 02 mengusung tema “Membangun Kembali Kebiasaan Pola Hidup Sehat di Era New Normal”. Alasan Kami mengambil tema tersebut karena ingin mengingatkan kembali kepada warga di RT 04 RW 03, Kelurahan Pondok Labu tentang pentingnya menjaga pola hidup sehat. Kelompok KKN 02 dilaksanakan di Jl. Margasatwa RT 04 RW 03, Kelurahan Pondok Labu, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 5 hari, tepatnya pada tanggal 24, 25, 26, 27, 28 Januari 2021. Kelompok KKN 02 terdiri dari 10 dengan Dosen Pembimbing Dewi Kusumaningsih, S.Kom., M.Kom.

Kelompok KKN 02 memiliki beberapa kegiatan KKN yang dilakukan di RT 04 RW 03, Kelurahan Pondok Labu, seperti membersihkan lingkungan, penanaman tanaman, mengadakan tempat sampah, mengadakan tempat cuci tangan dan pembagian masker kain. Pada hari pertama tanggal 24 Januari 2021, Kelompok KKN 02 melakukan kegiatan Pembukaan KKN, kemudian dilanjut dengan pemasangan banner yang dibantu oleh warga. Pada hari kedua tanggal 25 Januari 2021, Kelompok KKN 02 melakukan kegiatan membersihkan lingkungan RT 04 RW 03, Kelurahan Pondok Labu agar warganya tetap sehat dan selalu sehat. Kegiatan ini sangat penting karena dari menjaga kebersihan akan tercipta keindahan dan kesehatan. Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kesadaran kepada Kelompok KKN 02 dan juga warga bahwa betapa pentingnya menjaga kebersihan. Kegiatan bersih-bersih ini didampingi oleh dasa wisma setempat dengan menggunakan sapu lidi, sarung tangan, pengki dan juga trash bag.

Pada hari ketiga tanggal 26 Januari 2021, Kelompok KKN 02 melakukan kegiatan penanaman tanaman yang ditemani oleh dasa wisma RT 04 RW 03, Kelurahan Pondok Labu. Tanaman yang digunakan sangat beragam, mulai dari jahe sampai ke tanaman hias yang dapat mempercantik wilayah RT 04 RW 03. Tanaman yang diberikan selain dapat mempercantik, juga dapat memberikan penghijauan di wilayah tersebut. Lokasi tanaman yang sudah ditanam oleh Kelompok KKN 02 ada beberapa titik, seperti di dekat Masjid dan juga area rumah warga RT 04 RW 03. Lanjut ke hari berikutnya, yaitu pada tanggal 27 Januari 2021. Kelompok KKN 02 melakukan kegiatan pengadaan tempat sampah, namun kegiatan ini melibatkan beberapa anak yang tentunya tetap menjaga protokol kesehatan. Kelompok KKN 02 mengadakan lomba dalam pengadaan tempat sampah ini, yaitu lomba melukis tempat sampah yang dimana setiap hasil lukisan akan dinilai dan ditentukan juara-juaranya. Kegiatan ini mengundang minat anak-anak karena baik yang menang ataupun tidak akan tetap mendapatkan hadiah.

Pada hari terakhir tanggal 28 Januari 2021, Kelompok KKN 02 melakukan kegiatan Pembagian Masker Kain ke warga RT 04 RW 03. Kegiatan ini sangat penting karena dapat mencegah penularan Covid-19, sehingga dapat membantu dalam memutus rantai penyebaran Covid-19. Tidak hanya warga yang dibagikan masker tapi para pedagang di sekitar RT 04 RW 03 juga mendapatkan masker kain dari Kelompok KKN 02. Setelah melakukan pembagian masker kain, kegiatan berikutnya adalah memberikan tempat cuci tangan agar selalu ingat dalam menjaga kebersihan pada saat pandemi seperti ini. Setelah melakukan kegiatan pembagian masker dan juga memberikan tempat cuci tangan, Kelompok KKN 02 melakukan penutupan di RT 04 RW 03 dengan harapan kegiatan KKN yang telah dilaksanakan oleh Kelompok KKN 02 dapat bermanfaat untuk warga.

Comments are closed.