Membersihkan Lahan Atau Taman di RW 02 Kebon Jeruk

Mahasiswa Universitas Budi Luhur Melakukan Kegiatan Bersama Masyarakat Pembudidayaan Ikan Lele Dimasa Pandemi Agar Memperbaiki Perekonomian Masyarakat

Salam Budi Luhur !!

Memindahkan Ikan Lele Bersama Warga RW 02 Kebon Jeruk
Memindahkan Ikan Lele Bersama Warga RW 02 Kebon Jeruk

Jakarta, 03 Desember 2020 – Memasuki KKN periode Gasal 2020/2021 Universitas Budi Luhur menyelenggarakan KKN yang sudah direncanakan sebelumnya. Walaupun dalam penyelenggaraan KKN tahun ini dilanda musibah virus c (Corona). Pada penyelenggaraan KKN tahun ini, salah satu kelompok mahasiswa Univeritas Budi Luhur yaitu kelompok 19 di bawah bimbingan Ikhsan Rahdiana, S.Kom., M.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan, yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Kebon Jeruk, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Tema program dari mahasiswa KKN Kelompok 19 Universitas Budi Luhur di Kelurahan Kebon Jeruk yakni “Penerapan Masyarakat Dalam Kegiatan Budidaya Ikan Lele” untuk masyarakat RW 02 Kebon Jeruk. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajarkan masyarakat bagaimana cara budidaya ikan Lele yang baik dan benar.

Membersihkan Lahan Atau Taman di RW 02 Kebon Jeruk
Membersihkan Lahan Atau Taman di RW 02 Kebon Jeruk

Kegiatan yang dilakukan selama program KKN berlangsung meliputi seperti penyemprotan disenfektan, pembagian masker, kerja bakti, dan membudidayakan ikan lele bersama masyarakat sekitar RW 02 Kebon Jeruk. Selama kegiatan KKN ini juga kelompok 19 tetap mematuhi protokol Kesehatan untuk menghindari terpaparnya covid-19.  Kegiatan KKN dilaksanakan setiap minggu sekali selama 5 kali pada tanggal 2,5,10, 17 Desember 2020 dan 6 Januari 2021. Sesuai dengan data demografi lokasi di RW 02 Kelurahan Kebon Jeruk. Masyarakat Kebon Jeruk RW 02 cukup aktif dalam melakukan hal social seperti gotong royong dan sehingga mahasiswa Univeritas Budi Luhur terbantu untuk mengajak dalam melakukan kerja bakti di RW 02 Kebon Jeruk. Masyarakat di RW 02 Kelurahan Kebon Jeruk memiliki lahan yang cukup untuk membudidayakan ikan lele yang dapat dikonsumsi sendiri ataupun dijual kepada masyarakat di luar RW 02. Maka dari itu, kami mahasiswa Univeritas Budi Luhur ikut terbantu untuk melakukan budidaya ikan lele.

Penyemprotan Disinfektan di Wilayah RW 02 Kebon Jeruk
Penyemprotan Disinfektan di Wilayah RW 02 Kebon Jeruk

Kelompok KKN 19 di RW 02 Kebon Jeruk mensosialisasikan Bersama warga sekitar RW 02 Kebon Jeruk untuk kerja bakti bersama untuk membersihkan lahan yang tidak terlalu terawat. Mahasiswa kelompok 19 dan warga RW 02 bersama membersihkan lahan pertemuan seperti membersihkan dedaunan, menebang pohon, dan buang sampah. Program kerja bakti yang dilakukan diharapkan dapat untuk memperindah dan mempercantik lahan di wilayah RW 02. Kelompok KKN 19 di RW 02 Kebon Jeruk melakukan penerapan hidup sehat dan bersih melalui protokol Covid-19 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker), selain itu kelompok KKN 19 juga melakukan program penyemprotan disinfektan dan pembagian masker di wilayah yang dibantu oleh RT setempat. Mahasiswa Universitas Budi Luhur juga melakukan kegiatan pembagian masker dan disinfektan di wilayah RW 02 Kebon Jeruk. Segala program dilakukan oleh mahasiswa Universitas Budi Luhur diharapkan dapat meningkatkan kesadaran warga untuk tetap memutuskan virus Covid – 19.

Pembagian Masker Kepada Warga Sekitar RW 02 Kebon Jeruk
Pembagian Masker Kepada Warga Sekitar RW 02 Kebon Jeruk

Kehadiran mahasiswa Universitas Budi Luhur di RW 02 Kelurahan Kebon Jeruk disambut baik dengan warga setempat. Hal itu ditunjukan oleh antusias dan dukungan warga dalam setiap program kegiatan KKN yang dilaksanakan. Dukungan tersebut diberikan melalui bantuan warga setempat RW 02, Ketua RT, dan Ketua RW. Setiap kegiatan yang dilakukan dalam pengawasan ketua RT dan ketua RW. Kami mahasiswa Universitas Budi Luhur kelompok 19 mengucapkan terima kasih kepada warga RW 02 Kebon Jeruk yang telah membantu serta mendukung kelancaran program KKN yang telaj dilaksanakan selama 4 minggu. Besar harapan kami apa yang telah kami lakukan dapat bermanfaat bagi lingkungan dan warga setempat.

 

Comments are closed.