Pelatihan Komputer Untuk Peningkatan Kompetensi Kader PKK Kelurahan Rangkapan Jaya Baru

Salam Budi Luhur !!

Program Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PPM) merupakan salah satu tugas dosen dalam melaksanakan Tridharma, yang meliputi pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pada semester Gasal 2020 ini, bertepatan dalam masa pandemi wabah Covid19, maka kegiatan PPM kali ini walaupun dilaksanakan secara tatap muka, namun para peserta dan instruktur tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu dengan menggunakan masker dan face shield, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta menjaga jarak. Kegiatan PPM kali ini bekerjasama dengan Kader PKK Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Depok. Kader PKK Kelurahan setiap akhir tahun membuat laporan pertanggung jawaban tahunan kepada PKK Kecamatan. Pembuatan laporan ini membutuhkan kemampuan pengoperasian komputer yang baik, terutama Microsoft Word. Kurangnya kemampuan para Kader PKK Kelurahan dalam pengoperasian dengan komputer terutama penggunaan Microsoft Word, sedangkan kebutuhan pengoperasian dengan komputer tinggi, menyebabkan para Kader PKK Kelurahan mengalami hambatan untuk pembuatan laporan pertanggung jawaban tahunan kepada PKK Kecamatan. Tidak adanya pelatihan komputer untuk pembuatan laporan yang baik dan benar, terutama penggunaan Microsoft Word, menjadi kendala para kader PKK, sehingga selama ini para Kader PKK Kelurahan, membuat laporan dengan seadanya. Oleh karena itu, maka pelatihan ini yang bekerja sama dengan PKK Kelurahan Rangkapan Jaya Baru memfokuskan materi pada pengoperasian komputer yang baik dan pembuatan laporan yang baik dan benar, yang dibutuhkan oleh Kader PKK Kelurahan. Hal ini dapat bermanfaat pula untuk pembuatan dokumentasi kegiatan dari dalam dan di luar PKK Kelurahan.

Kegiatan PPM ini bertujuan agar Universitas Budi Luhur dapat berperan serta dalam menyebarluaskan pengetahuan kepada masyarakat, terutama pengetahuan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dibalik kepentingan para peserta, pihak Universitas Budi Luhur juga mendapatkan nilai yang baik dari masyarakat, terutama dikalangan Kelurahan Rangkapan Jaya Baru yang mendapatkan manfaat secara langsung. Tim Dosen FTI Universitas Budi Luhur yang beranggotakan Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. dan Ibu Anita Diana, M.Kom., tetap melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat, walaupun dalam masa wabah pandemi Covid19, yang bertemakan Pelatihan Komputer Untuk Peningkatan Kompetensi Kader PKK Kelurahan Rangkapan Jaya Baru.

Pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 19 November 2020 dengan metode tatap muka (offline) diawali dengan adanya pembukaan dari kedua pihak sebagai sambutan dan pengantar. Sambutan dari pihak Kelurahan disampaikan oleh Bapak Jayadi selaku Lurah Rangkapan Jaya Baru, lalu sambutan dari tim Penggerak PKK Kelurahan Rangkapan Jaya Baru oleh Ibu Langgeng Sulistyowati, dan sambutan dari pihak instruktur disampaikan oleh Ibu Anita Diana, M.Kom. mewakili pihak Univ. Budi Luhur. Adapun acara langsung diisi dengan materi yang dibawakan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. yang memperkenalkan dasar – dasar susunan penulisan laporan yang baik. Sedangkan ibu Anita Diana, M.Kom. bertugas sebagai instruktur dan assistensi, juga memberikan tambahan materi secara langsung. Baik instruktur dan peserta yang datang ke kantor Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, face shield dan hand sanitizer atau cuci tangan.

Aplikasi Microsoft Word memang sudah banyak dan seringkali digunakan, akan tetapi pada pelatihan kali ini dimanfaatkan untuk membuat format penulisan laporan menjadi lebih baik, serta membuat daftar isi secara otomatis. Materi tersebut disampaikan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom secara langsung. Ibu Anita Diana, M.Kom juga memberikan materi tambahan langsung serta tips dan tricknya, sehingga para peserta dapat mencoba dan mempraktekan langsung materi yang telah disampaikan oleh Ibu Reva Ragam Santika, M.Kom. dan Ibu Anita Diana, M.Kom. sebelumnya. Para peserta juga diberikan beberapa latihan dan contoh dokumen sebagai pendalaman dari materi yang disampaikan sebelumnya. Pada setiap pemberian materi, instruktur selalu memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya bila ada langkah-langkah yang belum jelas.

Dengan adanya pelatihan ini, peserta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang menulis laporan atau dokumentasi karya tulis yang baik dan benar, termasuk mengoperasikan Microsoft Word dengan baik. Peserta menjadi lebih memahami cara-cara menulis laporan dengan baik dan benar. Peserta juga mendapatkan informasi tentang contoh-contoh laporan yang baik, sehingga dapat perbandingan dalam penulisan laporan yang baik dan benar.

Sebelum penutup, ada materi tips dan trik dalam penulisan laporan yang baik dan cepat, serta contoh dokumen laporan, yang disampaikan oleh Ibu Anita Diana, M.Kom. Materi ini juga cukup penting karena informasi ini diharapkan peserta dapat mempunyai perbandingan tentang penulisan laporan dengan tepat.

Pada bagian penutup, dilakukan tanya jawab lebih lanjut kepada para peserta, bila masih ada hal-hal yang ingin ditanyakan. Pada kesempatan ini pula, instruktur meminta kesediaan para peserta untuk mengisi kuesioner yang disebarkan atas review dari pelaksanaan pelatihan ini. Dan hasil dari kuesioner ini pun menyatakan bila peserta puas dengan pelatihan yang diberikan. Instruktur juga melakukan pemberian ucapan terima kasih terhadap tanggapan yang sangat antusias dari para peserta pelatihan, sehingga dapat terlaksananya pelatihan pengabdian kepada masyarakat kali ini dari kedua belah pihak.

Comments are closed.