Pelaksanaan SI DAYS 2020 “Step Up To The New Science With Data”

Salam Budi Luhur !!

Acara tahunan HImpunan MAhasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Universitas Budi Luhur yang bertemakan “Step Up To The New Science With Data” yang mempunyai 3 rangkaian acara yaitu SI CUP: Mobile Legend, Charity ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah,dan Webinar SI DAYS. Acara  dimulai sejak tanggal 25 November 2020 s/d 28 November 2020 telah selesai dilaksanakan dengan lancar. Lalu seperti apa sih Keseruan di acara SI DAYS 2020 kali ini?

Rabu, 25 November 2020 (SI CUP: Mobile Legend) – SI CUP: Mobile legend yang di ikuti oleh 32 tim dari berbagai kalangan ini dimulai pada pukul 18.30 WIB, yang mana pada pukul  18.30 WIB itu babak 32 besar, pada babak 32 besar ini terdapat 16 tim yang berhasil masuk ke babak 16 besar yaitu Senbonzakura, Ez.id(B), Tim Motage, NIGHT95TEAM, Kill Steal, Calalair Calalair, Warga aung, UBL Hayyu, Nuvea.ID, UBL QUINN, Kahed Jaya, MAGNA ARBOR, XOXO, HOPE dan SCP babak 32 besar pada malam itu berakhir pada pukul 19.30. Kemudian pada pukul 20.00 WIB masuk babak 16 besar yang mana persaingan untuk masuk ke babak 8 besar semakin sulit,pada babak 16 besar hanya 8 tim terbaik yang bisa lolos dan mengalahkan lawannya di babak 16 besar yaitu, Senbonzakura, Tim Motage, Kill Steal, UBL Hayyu, Nueva.ID, MAGNA ARBOR, NIGHT95TEAM, SCP babak 16 besar ini berakhir pada pukul 21.00 WIB. Dilanjut Babak 8 besar dimulai pada pukul 21.30 WIB, setelah berhasil mengalahkan lawannya di babak 16 besar 8 tim tersebut kemudian bersaing untuk memperebutkan posisi di babak semi final, pada babak 8 besar ini persaingan dan pertarungan di game pun semakin sengit dan memanas yang pada akhirnya tim dari Senbonzakura, UBL Hayyu, MAGNA ARBOR dan NIGHT95TEAM berhasil menang dalam pertarungan babak 8 besar tersebut.dengan berakhir pertarungan di babak 8 besar tadi, SI Days di hari pertama berakhir pada malam itu.

Kamis, 26 November 2020 (SI CUP: Mobile Legend) – Masih di agenda yang sama yaitu SI CUP: Mobile Legend dilanjutkan dengan babak semifinal yang mana pada babak semifinal kali ini sampai dengan final itu disiarkan langsung melalui Youtube HIMASI Universitas Budi Luhur. Pada pukul 18.30 WIB 4 tim yang sudah berhasil lolos di babak 8 besar kemaren sekarang bertarung dibabak semifinal yang mempertemukan antara tim UBL Hayyu vs Senbonzakura dan MAGNA ARBOR vs NIGHT95TEAM. Pada semifinal pertama yang mempertemukan tim UBL Hayyu vs Senbonzakura itu dipimpin langsung oleh caster dari panitia HIMASI yaitu M.Wahyu Al-kautsar dan M. Zaky dimana kedua caster ini sangat semangat memimpin pada babak semifinal pertama ini. Pada sisi lain di semi final kedua yang mempertemukan MAGNA ARBOR vs NIGHT95TEAM yang di pimpin langsung oleh caster dari Panitia HIMASI yaitu Wildan Defin tidak kalah seru mempimpin jalannya pada semifinal kedua ini,di babak semifinal pertama tim dari Senbonzakura berhasil mengalahkan tim UBL Hayyu dengan pertarungan yang sangat sengit yang mana tim Senbonzakura berhasil masuk ke babak final. Pada semifinal kedua tim dari NIGHT95TEAM juga berhasil mengalahkan MAGNA ARBOR yang tidak kalah sengitnya dipertarungan disemifinal kedua ini.

Dengan begitu di partai puncak mempertemukan 2 tim terbaik di SI CUP: Mobile Legend yaitu Senbonzakura vs NIGHT95TEAM. Sebelum masuk ke partai puncak pada pukul 20.00 WIB pertandingan memperebutkan peringkat ketiga yang mempertemukan tim UBL Hayyu vs MAGNA ARBOR yang dipimpin langsung oleh caster M. Wahyu Al-kautsar dan M. Zaky sangatlah sengit sampai akhir game,tim dari UBL Hayyu mengalahkan MAGNA ARBOR dan berhasil mendapatkan peringkat ketiga di SI CUP: Mobile Legend.Pada pukul 21.30 WIB pertandingan yang sangat di nanti nantikan itu dimulai yang masih di pimpin oleh caster M.Wahyu Al-kautsar dan M. Zaky. Pada partai puncak ini kedua tim Senbonzakura vs NIGHT95TEAM memberikan permainan terbaik mereka di partai puncak ini demi menjadi sang juara di SI CUP: Mobile Legend. Pertandingan final ini pun harus memekan durasi waktu hampir 90 menit untuk menentukan sang juara di SI CUP: Mobile Legend ini karena kedua tim yang sama kuat dan berambisi untuk menjadi juara pada SI CUP. Pada akhirnya pertandingan di partai puncak ini tim dari NIGHT95TEAM berhasil keluar sebagai pemenang di acara SI CUP: Mobile Legend setelah bersusah payah mengalahkan tim dari Senbonzakura. Dengan demikian acara SI CUP: Mobile Legend di ini berakhir dengan mendapatkan 3 tim terbaik di kejuaraan ini yaitu UBL Hayyu sebagai juara ke-3, Senbonzakura sebagai Juara ke-2 dan NIGHT95TEAM sebagai juara 1 di acara SI CUP: Mobile Legend ini. Dengan berakhirnya partai final pada malam itu menutup agenda pertama di SI DAYS 2020 kali ini.

Jum’at, 26 November 2020 (Charity ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah) – Setelah 2 hari berjalan SI DAYS 2020,dimana agenda kedua dari rangkaian acara SI DAYS 2020 kali ini adalah kegiatan Charity ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah, kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB. Untuk kegiatan Charity kali ini hanya beberapa perwakilan dari HIMASI Universitas Budi Luhur yang datang kesana demi kelancaran acara yang masih dalam masa pandemi Covid-19 ini. Dalam kegiatan Charity ini kami tetap mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah demi menghindari Covid-19. Dalam kegiatan ini kami membuka open donasi untuk Charity ke Pondok Pesantren, kali ini dana yang terkumpulkan akan kami salurkan ke Ponpes tersebut berupa uang tunai dan sembako.Kegiatan ini diawali dengan pembukaan yang dilakukan ketua pelaksana SI DAYS 2020 M. Wahyu Al-kautsar di Pondok pesantren Nurul Hidayah kemudian dilanjut dengan pemberian sembako dan uang tunai dari dana open donasi yang telah kita kumpulkan kepada pengurus Pondok Pesantren Nurul Hidayah tersebut. Setelah pemberian sembako dan uang tunai tersebut selanjutnya dilanjutkan dengan foto bersama yang dilakukan HIMASI Universitas Budi Luhur dengan pengurus dan beberapa perwakilan santri dari Pondok Pesantren Nurul Hidayah. Dengan selesainya foto bersama kegiatan Charity ke Pondok Pesantren Nurul Hidayah selesai.

Sabtu, 28 November 2020 – Di hari terakhir dan agenda terakhir, webinar SI DAYS 2020 dimulai pukul 13.30 via Zoom Meet. Pembawa acara yang sangat spesial Wildan Defin  membuka acara Webinar SI DAYS dengan mengucapkan basmallah dan penuh dengan semangat yang dilanjut pembacaan aturan diantaranya mute mic ketika acara berlangsung yang dimaksudkan agar suasana lebih kondusif agar pembicara bisa lebih jelas menyampaikan materi yang akan diberikan dan selanjutnya sambutan oleh Wayu Al – Kautsar selaku ketua pelaksana di acara SI DAYS 2020 ini dan dilanjutakan oleh Muhammad Zaidan Aqil selaku ketua HIMASI dan tak luput sambutan dari Bapak  Dr. Ir. Wendi Usino, M.sc., M.M selaku rektor Universitas Budi Luhur yang memberikan motivasi dan harapan kepada peserta agar acara berjalan dengan baik dan bermanfaat untuk kedepannya.Rektor Universitas Budi Luhur ini juga mengatakan webinar tahun ini sangat tepat diberikan ke kalangan Mahasiswa, Pelajar yang berminat di bidang IT dan kepada masyarakat umum agar bisa mengetahui perkembangan IT di Indonesia sendiri,karena di zaman sekarang yang serba teknologi dan membutuhkan data.

Kemudian acara dilanjut pemberian materi oleh Bapak M. Octaviano pratama, S.kom., M.Kom. pada kesempatan kali ini Bapak octaviano memberikan materi yang sangat bermanfaat dan tentu saja sangat berguna untuk saat ini yang berjudul  Data science dan lain sebagainya. dengan cara yang sederhana dan sangat baik dalam penyampaian materi sehingga peserta dan panitia memahaminya dengan baik.

Setelah pembicara Bapak Octaviano selesai dalam penyampaian materinya yang samgat baik dan bermanfaat. Pembicara spesial kita Wildan Defin selaku pembawa acara selanjutnya langsung ke pembicara kedua Bapak Alim Kidar Hanif, untuk penyampaian materi kali ini Bapak Alim memberikan materi yang sangat terkenal di tahun ini yang berjudul tentang Machine Leraning dan lain sebagainya. Bapak alim selalu menyarankan kepada peserta agar bertanya apabila ada hal yang kurang dimengerti agar Bapak Alim dapat lebih banyak menyampaikan materi yang lainnya. Setelah itu dilanjut sesi tanya jawab dengan peserta Webinar SI DAYS dimana para peserta mendapatkan kesempatan yang bagus untuk menanyakan seputar materi yang telah disampaikan dari para pembicara atau hal lain yang masih belum cukup paham lewat room chat yang telah disediakan zoom meet.

Setelah sesi tanya jawab yang sangat menarik dan menambah wawasan bagi para peserta dan panitia yang paling ditunggu dalam event SI DAYS ini ialah pengumuman pemenang turnament SI CUP MOBILE LEGEND untuk para pemenang dalam lomba ini untuk juara pertama diraih oleh Team Night95team, untuk juara kedua diraih team SenbandZakura dan untuk juara ketiga diraih oleh team Ubl Hayyu. Selamat untuk para pemenang SI CUP MOBILE LEGEND 2020. Yang berjalan dengan baik dan lancar. Pada acara terakhir di webinar ini di tutup dengan foto Bersama kemudian MC acara yang dipandu oleh Wildan Defin sebagai pembawa acara sekaligus menutup Webinar SI DAYS 2020 tahun ini mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen yang membuat acara Webinar SI DAYS 2020 terselenggarakan dengan baik dan ditutup dengan membaca hamdallah. Seperti itulah rangkain acara SI DAYS 2020 tahun ini Bluetizen dan SItizen harapan kami semua, semoga agenda tahunan HIMASI Universitas Budi Luhur ini bisa memberikan ciri khas masing masing disetiap tahunnya dan bermanfaat untuk kita semua.

Tetap jaga kesehatan dan mari kita terus dukung pencegahan penyebaran Covid-19 dengan belajar dirumah.

Comments are closed.