Pengabdian Kepada Masyarakat: Dosen UBL memberikan Pelatihan Microsoft Excel Tingkat Mahir dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Teknologi Informasi Pegawai Direktorat Jendral Pajak Kanwil Jakarta Selatan II

Salam Budi Luhur !!

Universitas Budi Luhur (UBL) dalam menjalani kewajiban tiap semester, tentunya harus memenuhi kegiatan tridharma perguruan tinggi. Salah satu unsur dharma yang berhubungan langsung dengan peningkatan kemampuan dan pengetahuan masyarakat yaitu pengabdian kepada masyarakat (PPM). Salah satu unsur kegiatan yang ada di dalamnya yaitu menyelenggarakan pelatihan.

Pelatihan adalah proses terencana untuk mengubah pengetahuan dan keterampilan seseorang melalui pengalaman belajar yang diharapkan dapat memberi kontribusi pada peningkatan produktivitas, efektitas dan efisiensi organisasi tempat kerjanya. Penggunaan komputer saat ini seolah tidak dapat terlepas dalam kehidupan keseharian, baik dalam pekerjaan maupun menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan. Direktorat Jendral Pajak kantor wilayah Jakarta Selatan II, dalam menyelesaikan pekerjaan tentunya didukung dengan piranti komputer.

Dikarenakan tuntutan tugas yang kian meningkat, tentunya diharapkan berbading lurus dengan peningkatan kemampuan pegawai dalam penggunaan komputer. Saat ini peningkatan kemampuan lebih dipusatkan pada penggunaan program Microsoft Office terutama Microsoft Excel. Pada kesempatan ini pelaksana PPM menyelenggarakan pelatihan Microsoft Excel tingkat mahir dalam upaya peningkatan kemampuan teknologi informasi pegawai DJP Kanwil Jakarta Selatan II sebagai wujud Program Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelaksana berharap pelatihan ini dapat menjadi kontribusi yang bermanfaat untuk peningkatan kemampuan para peserta agar produktifitas mereka meningkat.

Saat ini pihak pimpinan DJP Kanwil Jakarta Selatan II menginginkan adanya pelatihan untuk peningkatan kemampuan pegawai dengan melihat kondisi yaitu Kurangnya penguasaan terhadap Microsoft Office khususnya Microsoft Excel tingkat lanjut, sehingga pengelolaan data menjadi kurang cepat dan efektif. Selain itu, kurangnya pelatihan untuk menambah wawasan para pegawai, khususnya pelatihan Microsoft Excel. Hal ini akan mempunyai dampak yang besar dalam pengerjaan setiap lini pekerjaan yang dihadapi.

Pelatihan yang dilaksanakan pada Senin 9 Maret 2020 pukul 08.00 sd 17.00 WIB bertempat di ruang serbaguna DJP Kanwil Jakarta Selatan II ini diikuti oleh 30 peserta berbagai unsur pegawai DJP Kanwil Jakarta Selatan II yang minimal telah memiliki kemampuan Ms. Excel dasar. Ketua tim PPM selaku narasumber utama yakni Ferdiansyah, S.Kom., M.T.I., beserta tim pelaksana yaitu Nidya Kusumawardhany, M.Kom., Windarto, M.Kom., Irawan, M.Kom., dan Hendri Irawan, S.Kom., M.T.I. Kegiatan diawali oleh pembukaan dan sambutan dari Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Jakarta Selatan II yaitu Bapak Edi Slamet Irianto dan Dekan Fakultas Teknologi Informasi Bapak Dr. Deni Mahdiana, M.M., M.Kom. Dilanjutkan pada kegiatan inti yaitu pelatihan peserta oleh tim pelaksana PPM dari para Dosen Fakultas Teknologi Informasi program Studi Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Sistem Komputer Universitas Budi Luhur.

Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah Tutorial dan Praktek, pelatihan ini menitikberatkan pada implementasi langsung materi yang diberikan, dengan harapan peserta akan lebih memahami pelatihan ini. Kegiatan pelatihan ini dirancang agar peserta dapat memahami secara komprehensif materi yang disampaikan, sehingga dapat dimplementasikan secara aplikatif dalam dunia kerja. Metode pelatihan untuk menyampaikan teori, meliputi : ceramah, tanya jawab dan diskusi, sedangkan praktikum terdiri dari metode simulasi, studi kasus, tanya jawab serta tugas/latihan.

Adapun materi pelatihan yang diberikan yaitu : Conditional Formatting, Consolidate Functions, Database Functions, Making Projections About Data (forecast), Creating and Managing Scenarios, Using Sparklines, Working with PivotTables & PivotCharts, Macro Basic, serta praktikum-praktikum materi ke dalam contoh-contoh kasus.

Pada awal dan akhir pelatihan tim pelaksana memberikan questioner pre test dan post test dalam bentuk Google Form untuk melihat sejauh mana pengetahuan mereka tentang materi Microsoft Excel dan evaluasi yang dilakukan untuk melihat keberhasilan capaian dari materi yang diajarkan. Materi yang diberikan dianggap cukup walaupun dengan waktu yang agak ketat sehingga pelaksana harus dapat menyesuaikan penyampaian materi Microsoft Excel dengan tenggat waktu yang diberikan.

Quesioner yang diberikan membagi peserta pelatihan menjadi 3 kelompok yaitu Average, Median dan Range. Hasil dari questioner pre test (Gambar 1) menunjukkan 17 dari 30 peserta pelatihan berada pada kelompok Median, artinya peserta sudah menguasai dasar-dasar Microsoft Excel sehingga tepat jika diberi materi Microsoft Excel Lanjutan/Mahir.

Hasil questioner post test (Gambar 2) menunjukkan ada peningkatan pada kelompok Range artinya materi pelatihan yang diberikan dapat memberikan peningkatan pemahaman pengetahuan kepada 17 dari 30 peserta pelatihan ini (atau sebesar 56%).

Gambar 1. Hasil Quesioner Pre Test
Gambar 1. Hasil Quesioner Pre Test
Gambar 2. Hasil Quesioner Post Test
Gambar 2. Hasil Quesioner Post Test

Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, tim pelaksana dapat mengambil kesimpulan bahwa kegiatan pelatihan Microsoft Excel tingkat mahir ini berjalan dengan baik dan lancar, serta memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahaman sebesar 56% kepada peserta pelatihan tentang pengolahan data menggunakan pengolah data spreadsheet Microsoft Excel. Peserta pelatihan yang merupakan pegawai Direktorat Jendral Pajak Kantor Wilayah Jakarta Selatan II ini memang setiap hari bergelut dengan data-data angka yang tersaji dalam spreadsheet sehingga kegiatan pelatihan yang sejenis sangatlah berguna bagi peserta dalam mengerjakan tugas keseharian.

Comments are closed.