PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU DI LINGKUNGAN SMP NEGERI 3 KOTA TANGERANG DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PELATIHAN MICROSOFT POWERPOINT

Dalam sebuah sekolah, proses bisnis utama yang dijalankan adalah proses pembelajaran dimana peran pokoknya berada di tangan guru. Sehingga para guru dituntut memiliki keahlian/kemampuan dan kualitas dalam mengemban tanggung jawabnya tugasnya sebagai pengajar. Pembelajaran klasik dengan metode ceramah yang biasa dilakukan oleh para guru dirasa saat ini sudah tidak lagi sesuai dengan perkembangan jaman karena metode ini dapat mengurangi minat siswa yang berujung pada kegagalan proses penyampaian materi. Oleh sebab itu, Fakultas Teknologi Informasi menggandeng SMPN 3 Tangerang sebagai mitra Program Pengabdian Masyarakat  dengan tujuan membantu pengembangan media pembelajaran yang interaktif dan juga lebih komunikatif ke siswa dengan bantuan aplikasi komputer salah satunya Microsoft Powerpoint.

Program Pengabdian Masyarakat(PPM) ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 28 Desember 2019 dimana pesertanya adalah guru SMP Negeri 3 Tangerang yang berjumlah sekitar 28 orang. Tim pelaksana kegiatan PPM adalah dosen Fakultas Teknologi Informasi yaitu Ibu Noni Juliasari, M.Kom dan Ibu Ita Novita, S.Kom, M.T.I dibantu oleh 2 rekan mahasiswa bernama Juan Kalyzta dan Muhammad Verdiansyah sebagai asistensi pelatihan.

Pelatihan dilaksankan pada laboratorium komputer Universitas Budi Luhur, dimana metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah metode kombinasi dari tutorial atau ceramah, praktik, dan diskusi atau tanya jawab. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para guru dapat memanfaatkan semaksimal mungkin dalam rangka mempersiapkan proses pembelajaran efektif yang berkualitas sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara maksimal.

 

Comments are closed.