KIAS "High Performance Computing and It's Application"

KIAS “High Performance Computing and It’s Application”

Salam Budi Luhur !!

KIAS “High Performance Computing and It’s Application”
KIAS “High Performance Computing and It’s Application”

KIAS (Kajian Ilmiah Awal Semester) merupakan kegiatan rutin oleh prodi sistem komputer, dilaksanakan 1 kali dalam 1 semester (selama tidak ada kegiatan lainnya, seperti: lomba, dll). Namun secara default, kegiatan KIAS terfokus pada semester ganjil setelah registrasi mahasiswa baru. KIAS semester Gasal TA 2019/2020 kali ini dilaksanakan pada Selasa, 8 Oktober 2019 di Ruang Teater Universitas Budi Luhur dengan tema “High Performance Computing and It’s Application”. Dalam acara tersebut, Bapak Dr. Ir. Jan Everhart W, M.T bertindak sebagai moderator dan Bapak Moh. Ridwan Nur P, M.Kom dari BMKG Pusat sebagai pembicara. Sebelum acara dimulai, sambutan juga disampaikan oleh Bapak Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM selaku Rektor Universitas Budi Luhur dan Dr. Deni Mahdiana, S.Kom, MM, M.Kom selaku Dekan Fakultas Teknologi Informasi.

sambutan oleh Bapak Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM dan Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom, MM, M.Kom
sambutan oleh Bapak Dr. Ir. Wendi Usino, M.Sc, MM dan Bapak Dr. Deni Mahdiana, S.Kom, MM, M.Kom

Pada acara KIAS ini, Bapak Ridwan memaparkan mengenai HPC (High Performance Computing) yang telah diterapkan pada BMKG dalam bidang prediksi weather dan climate. Pada bagian awal beliau menjelaskan perbedaan dari weather dan climate, weather dapat diprediksi dalam durasi yang pendek (ukuran per jam sampai 7 hari), sedangkan climate dapat diprediksi dalam durasi waktu yang panjang (ukuran per minggu sampai per bulan). HPC atau komputasi kinerja tinggu adalah suatu sistem komputer yang dibagun agar mampu menyelesaikan beban komputasi yang besarannya tidak efficient, reliable dan cepat dengan memanfaatkan parallel processing. Beliau juga menjelaskan tentang bentuk-bentuk HPC, yaitu: cluster, super computer cloud computing dan grid computing. Adapun konsep pembuatan HPC yang ada pada BMKG terhitung sangat sederhana karena berlandaskan pada 1 jurnal sebagai acuan, yang kemudian diimplementasikan, melakukan clustering menggunakan beberapa PC yang spesifikasinya sama dan  pelaksanaan CEWS (Climate Early Warning System), serta studi banding ke beberapa Negara (seperti Earth Simulator Yokohama, Japan) untuk perkembangan pemodelan weather dan climate di BMKG.

Implementasi HPC untuk GPU (Graphics Processing Unit) sudah ada pada BMKG untuk pemodelan instalasi tsunami yang pengolahannya lebih smooth and fast. Untuk menanggapi berbagai kekhawatiran masyarakat mengenai keadaan weather dan climateBMKG sudah memberikan informasi dibeberapa social media, aplikasi yang dapat diunduh dan link CEWS.

Comments are closed.