Kerjasama di Bidang IT dengan India

Salam Budi Luhur !!

India. Kunjungan Perguruan Tinggi Swasta di lingkungan L2DIKTI Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi wilayah III Jakarta (dulu bernama Kopertis wilayah III Jakarta) yang terdiri dari kampus Universitas Budi Luhur, Universitas Trisakti, Universitas Mercubuana & beberapa PTS lain, melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi di India pada tanggal 7 sd 12 Agustus 2018, ke kota Chenai & Bangalore India.

Ketua rombongan kunjungan Sekretaris L2Dikti Dr. M. Samsuri menjelaskan bahwa kunjungan ini merupakan balasan dari kunjungan pihak India ke Indonesia beberapa waktu lalu, dan dengan kerjasama ini akan terjalin hubungan saling menguntungkan antara PTS Indonesia khususnya yang berada di Jakarta dengan PTS-PTS ternama di India.

Kunjungan hari pertama di propinsi Chenai Tamil Nandu, Universitas di India yg akan kerjasama penandatanganan MoU antara lain Universitas Sathyabama yang memiliki jumlah mahasiswa 16.000 dan SRM University dengan jumlah mahasiswa 55.000 yang memiliki kepakaran di bidang IT & Big Data, Cyber Security, Medicine, ICT.

Rombongan dari Universitas Budi Luhur diwakili oleh Rektor UBL Prof. Didik Sulistyanto dan Dr. Arief Wibowo Wakil Dekan FTI Universitas Budi Luhur.

Universitas Budi Luhur menawarkan dan siap bekerjasama di berbagai bidang seperti Research Collaboration, Summer School, Student & Lecturer Exchange, juga kerjasama untuk pengembangan mobil listrik, kajian riset big data serta robotika.

Lebih lanjut Rektor Universitas Budi Luhur Prof. Didik Sulistyanto menambahkan, ” kerjasama antara Universitas Budi Luhur dengan 5 Perguruan Tinggi Besar di India berlaku antara 3 sampai 5 tahun dan fokus pada bidang kerjasama berupa Credit Transfers, Joint Research, Joint Publication, Student Exchange, Lecture Exchange pada bidang Big Data, Cyber Security, Komunikasi, IT, Komputer dan Science Technology dengan follow up kerjasama segera dilaksanakan kedua belah pihak.”

Kampus-kampus lain yang diajak kerjasama adalah Nitte Menakshi Institute dan Acharya Institute di kota Bangalore. Kerjasama terjalin dalam durasi 3-5 tahun dengan kampus² seluruhnya yang terlibat adalah sebagai berikut:

  1. Nitte Meenakshi Institute of Technology
  2. Nitte University
  3. Acharya Institutes
  4. Satyabhama University

(Sumber : Kerjasama di Bidang IT dengan India pada website Universitas Budi Luhur)

Comments are closed.