Tim Robot “Blue Rocks” Universitas Budi Luhur Juara 3

Juara KRI

Jakarta (ANTARA News) – Institut Teknologi Bandung (ITB), jadi pemenang Kontes Robot Indonesia (KRI) Regional II yang diselenggarakan di Balairung UI Depok, Sabtu, disusul juara II Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, dan juara III Universitas Budi Luhur Jakarta.

Mereka berhak mengikuti KRI Nasional yang akan diselenggarakan di Balairung UI Depok pada Sabtu-Minggu, 14-15 Juni 2008 di mana para pemenang KRI dari empat regional yakni perguruan-perguruan tinggi di Sumatera, Jawa bagian barat, tengah dan timur akan berlaga.

Pemenang di KRI Nasional akan menjadi wakil Indonesia dalam kontes robot tingkat Internasional ABU ROBOCON 2008 di Pune India pada 31 Agustus 2008 yang bertema “Govinda”.

Sementara itu, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung merajai Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI) yang diselenggarakan berbarengan dengan KRI, baik untuk kategori Expert Swarm, Expert, robot berkaki (legged) dan robot beroda (wheeled).

Pada kategori Expert Swarm pemenangnya adalah Unikom Bandung, Expert single juga dimenangkan Unikom Bandung, tanpa juara II dan III.

Sedangkan kategori Legged dimenangkan Unikom Bandung dan juara II Universitas Gunadarma, sedangkan kategori Wheeled juga oleh Unikom Bandung, disusul Universitas Tarumanagara, dan Politek Negeri Bandung.

Sedangkan penghargaan KRCI yakni bidang Algoritma Terbaik diterima juga oleh Unikom Bandung, dan bidang Inovasi diterima Universitas Indonesia. UI juga menerima penghargaan disain terbaik dalam KRI.

Menurut salah seorang Panitia Kontes, Prof Dr Benyamin Kusumo, jika KRI tahun ini merupakan kompetisi robot rakitan untuk mengumbar keahlian memindahkan balok dari ketinggian tertentu, KRCI tahun ini melombakan keahlian memadamkan sumber api dengan sistem sensor (tanpa kendali manusia).

KRI Regional II, lanjut dia, diikuti 54 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jawa bagian barat, sedangkan KRCI diikuti oleh 14 peserta di mana setiap peserta merupakan tim yang terdiri dari tiga mahasiswa (seorang pemimpin, dua asisten) dan seorang dosen pembimbing.

Pemenang KRI yang akan terpilih pada 15 Juni mendatang akan berkompetisi dengan 20 tim robot dari berbagai negara di Asia seperti Jepang, India, Malaysia, Thailand, China, Korsel, hingga Vietnam.

Pada Asia-Pasific Broadcasting Union (ABU) Robocon yang diselenggarakan di Jepang pada 2001, tim B-Cak dari ITS pernah memperoleh juara pertama.(*)

Sumber berita : Antara

6 Comments

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*