http://www.budiluhur.ac.id/

Panduan dan Format Penulisan Makalah Ilmiah Mahasiswa FTI-SI

Salam budi luhur !

Dalam rangka menindaklanjuti surat edaran dari Direktorat Pendidikan Tinggi (DIKTI) Nomor 152/E/T/2012 tanggal 27 Januari 2012 tentang kewajiban publikasi karya ilmiah baik bagi mahasiswa tingkat Strata 1 (S1), Strata 2 (S2) maupun Strata 3 (S3), dengan ini Fakultas Teknologi Informasi menetapkan panduan umum dan format penulisan makalah ilmiah bagi mahasiswa Strata 1 (S1), Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur Program Studi Sistem Informasi. Kewajiban penulisan makalah ilmiah akan diterapkan mulai Semester Gasal 2013/2014. Diharapkan panduan tersebut dapat diikuti dan dijalankan dengan sebaik-baiknya.

Panduan Umum

  1. Makalah ilmiah harus disusun berdasarkan tugas akhir yang telah dibuat oleh masing-masing mahasiswa dan mengedepankan orisinalitas serta menjauhi plagiarisme.
  2. Makalah wajib dibuat oleh mahasiswa sebagai salah satu syarat kelulusan / wisuda.
  3. Naskah makalah ilmiah terdiri dari 6-8 halaman A4 (210mm x 297 mm) dengan format dua kolom untuk isi dan margin 3 cm, 3 cm, 2 cm, 2 cm (atas, kiri, bawah, kanan).
  4. Seluruh makalah ilmiah ditulis dengan menggunakan bahasa Indonesia, termasuk abstraksi.
  5. Judul makalah ilmiah tidak harus sama dengan judul tugas akhir. Konsultasikan dengan pembimbing tugas akhir masing-masing untuk penentuan judul.
  6. Abstraksi terdiri dari maksimal 300 kata.
  7. Isi dari makalah ilmiah menyesuaikan isi dari tugas akhir. Struktur penulisannya tidak harus mengikuti format yang ditentukan, namun secara umum terdiri dari bagian Pendahuluan, Landasan Teori, Metodologi, Analisa dan Perancangan Sistem/Aplikasi, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan/Penutup, dan Daftar Pustaka.
  8. Pengumpulan naskah makalah ilmiah dapat dilakukan melalui dosen pembimbing tugas akhir masing-masing, dan dikumpulkan dalam bentuk teks (.doc, .docx atau .odt) dan PDF (.pdf). Dosen pembimbing akan melakukan pengunggahan ke sistem e-jurnal.
  9. Ketua Program Studi masing-masing akan melakukan verifikasi / pengecekan makalah ilmiah pada saat lulus teori, sebagai salah satu syarat mahasiswa berhak untuk diwisuda.

Format Penulisan

Format penulisan makalah ilmiah berikut ini bersifat mengikat untuk format penulisan namun tidak mengikat untuk susunan isi (content) makalah ilmiah. Download format penulisan di salah satu tautan berikut ini: download

Hal-hal yang kurang jelas dapat Anda konsultasikan dengan pembimbing tugas akhir atau Ketua Program Studi masing-masing.

Comments are closed.